Sabtu, Mei 18, 2024
spot_img

5 Kunci Pengembangan Sepak Bola Menurut Indra Sjafri

Olahraga, Lokacita: Banyak upaya yang harus ditingkatkan kualitasnya dalam pengembangan sepak bola. Indra Sjafri sebagai Direktur Teknik PSSI mengemukakan pendapatnya itu di forum rapat kerja nasional yang dilakukan bersama Lembaga Pengembangan Olahraga (LPO) dan Lembaga Seni Budaya (LSB) di Universitas Muhammadiyah, Sabtu (28/09).

Menurutnya, terdapat 5 kunci utama dalam mengembangkan kualitas sepakbola Indonesia. Kelima hal tersebut merupakan apa saja yang harus dibenahi dan diperbaiki agar prestasi lebih baik bisa diraih Timnas Indonesia. Adapun kelima hal yang disebutkan di antaranya:

1. Infrastruktur Memadai

Indra mengatakan jika yang dimaksud dengan infrastruktur memadai bukan hanya tentang stadion megah. Namun infrastruktur lebih merujuk pada lapangan tempat latihan pemain. Hal ini harus diperbaiki agar lebih layak, nyaman, dan aman untuk latihan sehingga gerakan saat berlatih jadi lebih leluasa.

2. Kurikulum Sepakbola

Berbagai negara yang selalu mencetak prestasi gemilang di liga sepak bola memiliki filosofi terstruktur dalam bentuk kurikulum. Dia juga menyebut jika filosofi tersebutlah yang bisa dijadikan pedoman dalam meningkatkan kualitas tim sepak bola.

3. Kualitas Pelatih

Menurutnya, aspek ini sangat penting diperhatikan untuk mencetak anak-anak yang memiliki karakteristik unggul serta melindungi mereka. Seperti diketahui, saat ini tak jarang ada oknum pelatih yang melakukan tindak kekerasan sebagai bagian dari latihan.

Selain itu, ada juga oknum wasit yang bertindak semena-mena sementara pelatihnya tidak merespons apa-apa. Padahal, menurutnya, kasus kekerasan tersebut bisa dihindari dengan adanya pelatih berkualitas.

4. Pemain Berkualitas

Tak hanya menyebut aspek pelatih, pemain yang berkualitas juga disebut Indra sebagai salah satu kunci keberhasilan pengembangan sepakbola.

Adapun yang terjadi saat ini, akar masalah terhambatnya pengembangan sepakbola adalah aspek kognitif yang belum matang di antara anak-anak di tim. Bagian ini harus mendapatkan perhatian lebih, katanya.

5. Kompetisi yang Sehat

Kunci terakhir dari pengembangan sepak bola menurut Indra adalah kompetisi yang sehat. Namun, untuk mencapai aspek terakhir ini, keempat hal tadi perlu ditingkatkan terlebih dulu.

Pun tidak lupa, Indra menyebut bahwa kompetisi yang sehat juga dipengaruhi besar oleh adanya wasit berkualitas.

EditorDewi F

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru