Selasa, Juni 18, 2024
spot_img

Elkan Baggott Semakin Paham Taktik Shin Tae-yong Jelang Timnas Indonesia vs Brunei

Olahraga, Lokacita: Bek Timnas Indonesia Elkan Baggott menilai tim Garuda berkembang pesat di bawah kepemimpinan pelatih Shin Tae-Yong.

Baggot yang menjalani debut di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong pada laga uji coba melawan Afghanistan pada 16 November 2021, merasa bahwa timnas Garuda berkembang sangat pesat sejak saat itu.

Kini ia telah mengoleksi 16 caps untuk timnas senior dan 4 caps untuk U-23, berpendapat bahwa perkembangan positif tersebut tak lepas dari peningkatan pemahaman taktis yang semakin baik dengan arahan dari Shin Tae-yong.

Pemain Timnas Indonesia, Elkan Baggott mengatakan seluruh pemain tim Garuda kini sudah lebih memahami taktik yang diinginkan pelatih Shin Tae-yong. Performa tim mengalami peningkatan signifikan yang menjadi bukti bahwa kendala bahasa bukan lagi menjadi kendala.

Elkan menjadi salah satu pemain pertama yang dipanggil ke skuad Merah Putih untuk laga kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan timnas Brunei Darussalam. Laga tersebut akan dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis, 12 Oktober 2023.

Selain Elkan, ada pemain lain seperti Rafael Struick, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama yang juga menjadi pemain ke-27. Bukan rahasia lagi jika para pemain lawas kerap mengalami kendala bahasa dengan staf kepelatihan. Selain itu, Shin tidak bisa berbahasa Inggris.

Di saat yang sama, pemain lama juga tidak bisa berbahasa Indonesia, sehingga seringkali sulit bagi mereka untuk memahami apa yang diucapkan penerjemah.

Tak heran, pasca debut Elkan di timnas Indonesia, performa tim Merah Putih semakin variatif. Apalagi pada Piala AFF 2022 yang mana tim Vietnam disingkirkan tim Merah Putih di babak semifinal.

“Saya lihat performanya sudah banyak berubah. Saya rasa sekarang kondisi fisik semua sudah lebih baik,” kata Elkan saat berbicara kepada media di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, Senin (10/9/2023).

“Kami memiliki pemahaman taktis tentang bagaimana manajer ingin bermain,” tambah pemain naturalisasi itu.

Tampaknya kendala bahasa nampak sudah tidak lagi menjadi hambatan bagi pemain untuk mendapatkan masukan dari tim pelatih. Elkan mengatakan hubungan yang semakin erat membuat para pemain tidak lagi kesulitan untuk memahami instruksi.

EditorDewi F

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru