Kamis, Mei 23, 2024
spot_img

Fakta Sir Jim Ratcliffe, Pengusaha Tajir Melintir yang Segera Beli Saham MU

Olahraga, Lokacita: Sir Jim Ratcliffe dikabarkan akan segera menyelesaikan pembelian saham Manchester United. Jadi siapakah Jim Ratcliffe?

Saat ini, hanya pria berusia 70 tahun tersebut yang ingin membeli saham Tim Setan Merah. Sebelum Jim Ratcliffe, taipan Qatar Sheikh Jassim membatalkan rencana membeli saham Manchester United.

Sheikh Jassim menawarkan £5 miliar (Rp 95 triliun) untuk membeli saham mayoritas MU. Namun, keluarga Glazer yang menjadi pemilik Setan Merah sejak 2005 menolak keras angka tersebut.

Sementara itu, Sir Jim Ratcliffe mengusulkan akuisisi 25 persen saham Manchester United senilai £1,3 miliar (Rs 24 triliun). Keinginan Jim Ratcliffe mendapat restu dari keluarga Glazer.

Menurut laporan Mirror, proses pembelian saham MU milik Sir Jim Ratcliffe akan selesai dalam beberapa hari mendatang. Belakangan, pengusaha berusia 70 tahun itu punya tanggung jawab penting di Manchester United.

Ia disebut-sebut bertanggung jawab atas proses jual beli pemain, mengelola manajemen, jabatan manajer, dan staf kepelatihan. Apakah Sir Jim Ratcliffe akan memiliki seperempat saham Manchester United? Berikut beberapa faktanya.

1. Fans Manchester United

Sir Jim Ratcliffe lahir di Failsworth, Lancashire, sebuah distrik pertahanan di luar Manchester. Dia tinggal di sana sampai dia berumur 10 tahun dan kemudian pindah ke Hull, Yorkshire.

Ratcliffe baru-baru ini mengakui meski sudah bertahun-tahun memegang tiket musiman Chelsea, ia sebenarnya adalah penggemar Manchester United.

“Saya adalah pemegang tiket musiman di Chelsea, sudah selama beberapa tahun terakhir, meskipun saya sebenarnya adalah penggemar Manchester United.” ujarnya.

2. Perjalanan karir

Pekerjaan pertama Sir Jim Ratcliffe adalah di perusahaan minyak Esso. Kemudian pada tahun 1989, ia pindah ke sebuah perusahaan swasta di Amerika Serikat.

Ia menjadi wirausaha pada usia 40 tahun sebagai anggota pendiri INPEC dan kemudian mendirikan Ienos di Hampshire pada tahun 1998 dan membeli saham dari mitranya.

Perusahaan tersebut menggunakan utang hasil dengan timbal balik yang tinggi untuk membiayai transaksi tersebut.

Pada tahun 2006, Ineos mengakuisisi unit pengilangan dan petrokimia BP Innovene, yang mana perusahaan pengilangan tersebut beroperasi di lima negara Eropa dan Kanada.

Ineos meninggalkan Inggris pada tahun 2010 dan memindahkan kantor pusatnya dari Hampshire ke Rolle, Swiss. Langkah ini dikatakan telah menghemat pajak yang lebih rendah bagi Ratcliffe dan perusahaannya sekitar £100 juta per tahun

3. Kehidupan Pribadi

Sir Jim Ratcliffe yang merupakan pendukung MU sempat menikah dengan Amanda Townson pada tahun 1985 hingga akhirnya bercerai pada tahun 1995.

Keduanya dikaruniai dua orang putra. Ia juga memiliki seorang putri dari istri keduanya, Alicia, yang dinikahinya pada tahun 1990-an.

Kepindahannya tunduk pada pembatasan pajak karena dia sudah memiliki properti tersebut dan akan menghemat sekitar £4 miliar. Dia juga memiliki dua kapal superyacht besar, Hampshire, yang dia jual pada tahun 2011 untuk mendukung Hampshire II, yang masih dia miliki.

Hampshire II bernilai £130 juta, tinggi 257 kaki dan dapat menampung 14 tahun dengan 23 awak. Ada enam kabin besar, kolam renang, sebuah helipad, sauna, jacuzzi, bioskop, dan klub pantai.

Helipad tersebut bahkan dapat diubah menjadi arena yang cocok untuk olahraga khusus seperti tenis, bulu tangkis, bola basket, baseball, atau sepak bola.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru