Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

Profil Arkhan Kaka, Pemain Muda Segudang Talenta 

Olahraga, Lokacita: Striker U-17 Indonesia Arkhan Kaka menjadi pemain Indonesia pertama yang mencetak gol di Piala Dunia U17 2023.

Timnas U17 Indonesia sudah memulai perjalanannya di Piala Dunia U17 2023. Di Gelora Bung Tomo, wakil CONMEBOL, timnas Ekuador, saling berhadapan. Stadion, Jumat (11/10/2023).

Pada laga tersebut, Arkhan Kaka berhasil mencetak sejarah. Ia menjadi pemain Indonesia pertama yang mencetak gol di Piala Dunia U17 2023 pada menit ke-22 pertandingan tersebut.

Putra Seorang Legenda Sepak Bola Indonesia

Arkan Kaka Putra Purwanto memutuskan untuk melanjutkan karir terpadu ayahnya di dunia sepak bola. Ya, ayah Kaka adalah Purwanto Suwondo. Ia merupakan mantan striker timnas Indonesia pada era 90an dan awal 2000an.

Ayahnya bermain untuk beberapa klub besar Indonesia seperti Persebaya, Arema, PSIS Semarang, Persela Lamongan dan Semen Padang. Kaka mendapat dorongan dari ayahnya untuk melanjutkan karirnya di dunia sepak bola.

Karier Arkhan Kaka

Kaka memulai karir sepak bolanya di kampung halamannya, Blitar. Ia sempat membela PSBK Blitar sebelum Bhayangkara FC menyadari bakatnya. Bermain di tim Bhayangkara FC U-16, bakat Kaka mulai terpampang.

Tak heran jika Persis Solo menculik Kaka pada tahun 2022 lalu. Hal ini tidak menyia-nyiakan bakat Kaká.

Di usianya yang baru 15 tahun, tujuh bulan, dua hari, Kaka resmi menjadi pemain termuda yang melakukan debut di Ligue 1, menggantikan Irfan Bachdim pada laga Persis Solo vs Persib Bandung.

Ujung Tombak Tim U-17 Indonesia

Nama Arkhan Kaka pertama kali muncul di Piala AFF U-16 2022. Saat itu, Arkhan Kaka menjadi salah satu pemain kunci Garuda Muda untuk mengamankan gelar juara. Arkhan Kakal menghadapi jalan terjal untuk masuk skuad Piala AFF U-16.

Dia dikeluarkan dari seleksi awal. Namun setelah menjadi top skorer EPA U-16 bersama Bhayangkara FC, ia dipanggil membela timnas U-16 Indonesia. Usai meraih gelar juara Piala AFF U-16, Arkhan Kaka naik pangkat ke level U-17 dan bermain di turnamen kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Namanya melambung tinggi saat mencetak empat gol atau hattrick dalam duel melawan Guam.

Arkhan Kaka berhasil mencetak tujuh gol namun gagal membawa Indonesia lolos ke Piala Asia U-17 2023 karena kalah dari Malaysia.

Sempat Dicoret Bimasakti

Fakta menarik dari Arkhan Kaka adalah ia dikeluarkan dari skuad Indonesia U-17 2023 untuk Piala Dunia U-17 2023.

Pada Oktober 2023, Kaka ditarik dari skuad Indonesia U-17 2023. Tim TC. Dia dipulangkan bersama delapan pemain Bima Sakti lainnya. Saat itu Bima Sakti menyebut Kaka tidak disiplin sehingga menyeberang.

“Kalau tidak bekerja keras, tidak mempunyai mental yang kuat, dan tidak memiliki disiplin yang tinggi, pasti akan sulit bersaing,” kata Bima Sakti seperti dikutip dari situs resmi PSSI.

EditorDewi F

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru