Rabu, Februari 21, 2024
spot_img

Suka Mengonsumsi Cabai, Simak 4 Manfaat Tersembunyi Dari Cabai

Ragam, Lokacita: Makanan Indonesia memang terkenal menggunakan cabai. Secara tidak langsung, masyarakat Indonesia suka mengonsumsi cabai. Makanan dengan menggunakan cabai selain menambah selera makan, rupanya ada manfaat tersembunyi di dalamnya.

Merangkum dari beberapa portal kesehatan, ada empat manfaat tersembunyi ketika seseorang mengonsumsi cabai.

Meningkatkan Metabolisme

Sebagian orang yang metabolisme kurangl bagus, mengonsumsi cabai dapat melancarkan metabolisme. Hal ini dilakukan dengan cara kandungan dalam cabai, yakni capsaicin ketika dikonsimsi dapat meningkatkan suhu tubuh dan oksigen. Saat suhu tubuh dan oksigen meningkatkan secara tidak langsung kalori juga terbakar.

Memakan makanan pedas seperti paprika, jintan, kunyit, kayu manis, dan cabai ternyata memiliki banyak manfaat untuk melancarkan metabolisme.

Cara kerjanya yakni, kandungan capsaicin pada bahan makanan tersebut ketika dikonsumsi dapat meningkatkan suhu tubuh dan meningkatkan konsumsi oksigen. Hal ini memiliki kecenderungan untuk membuat kalori terbakar.

Saat mengonsumsi makanan pedas, seperti cabai tentu pembakaran kalori jauh lebih besar dari biasanya. Nutrisi dari capsaicin akan menekan nafsu makan, membantu pembakaran, dan meningkatkan penurunan kalori secara berkala.

Mengatasi Peradangan

Mengonsumsi cabai ternyata dapat mengatasi peradangan karena mengandung capsaicin yang sama dengan zat curcumin dari rempah-rempah. Hal ini tentu mempunyai banyak manfaat untuk melawan radikal bebas pada tubuh serta persendian.

Sifat antiradang dinilai mempunyai banyak potensi dan manfaat untuk melawan radikal bebas pada tubuh serta mengurangi peradangan pada persendian.

Membunuh Bakteri

Tidak hanya jintan dan kunyit yang mempunyai antimikroba dan antioksidan. Cabai juga memiliki sifat yang sama dengan rempah-rempah ini yaitu membunuh bakteri.

Menjaga Kesehatan Jantung

Seseorang yang mengonsumsi cabai ternyata dapat mengatasi masalah kesehatan jantung. Hal ini karena cabai mengandung capsaicin yang memiliki kadar kolesterol jahat lebih rendah.

Zat ini dapat menurunkan kolesterol dengan cara mengurangi jumlah kolesterol pada tubuh, meningkatkan proses pemecahan kolesterol, dan meningkatkan pembuangan kolesterol

Zat capsaicin dapat menurunkan kadar kolesterol dengan cara mengurangi jumlah kolesterol dalam tubuh, meningkatkan pembuangannya kolesterol melalu feses, dan meningkatkan proses pemecahan kolesterol.

Untuk menjaga kesehatan tidak hanya mengonsumsi cabai. Menjaga pola makan dan olahraga teratur salah satu cara untuk menjaga kesehatan.

EditorDewi F

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru