Rabu, Februari 21, 2024
spot_img

Termasuk Ivan Provedel, Inilah 4 Kiper yang Pernah Mencetak Gol di UEFA Champions League

Olahraga, Lokacita: Ivan Provedel tampil menonjol di matchday pertama UEFA Champions League 2023/2024. Dia adalah penjaga gawang yang bisa mencetak gol untuk Lazio. Provedel berhasil menyelamatkan tim dari kekalahan melawan Atletico Madrid saat laga berakhir imbang 1-1.

Ivan Provedel adalah penjaga gawang keempat. Selain dirinya, ada beberapa kiper lain yang mencetak gol di UEFA Champions League. Berikut deretannya:

1. Hans-Joerg Butt Mencetak 3 Gol untuk Juventus di 3 Klub Berbeda

Hans-Joerg Butt merupakan seorang penjaga gawang yang mampu mencetak gol secara aktif. Dia mencetak 37 gol penalti dalam karirnya. Ia bermain untuk klub elit seperti Hamburger SV, Benfica, Bayer Leverkusen dan Bayern Munich.

Pemain asal Jerman itu menjadi kiper pertama yang mencetak gol dalam format baru Liga Champions. Tak hanya sekali saja, Butt berhasil mencetak 3 gol bersama klub berbeda.

Namun yang menarik, ia selalu mencetak gol ke gawang tim yang sama, yakni Juventus. Gol pertamanya ke gawang Juventus saat membela Hamburger SV pada laga grup musim 2000/2001.

Gol keduanya tercipta saat melawan Bayer Leverkusen di babak 16 besar musim 2001/2002. Kemudian gol ketiganya tercipta saat melawan Bayern Munich di babak penyisihan grup musim 2009/2010.

2. Vincent Enyeama Memenangkan Penalti untuk Hapoel Tel Aviv Melawan Olympique Lyon

Vincent Enyeama menjadi kiper ketiga yang mencetak gol di ajang Liga Champions. Dia mencetak gol penalti saat Hapoel Tel Aviv menghadapi Olympique Lyon. Duel ini merupakan turnamen subgrup musim 2010/2011.

Seperti Hans-Joerg Butt, Vincent Enyeama merupakan kiper yang aktif mencetak gol. Ia bermain dari titik penalti saat bermain untuk Hapoel Tel Aviv dari 2007 hingga 2011. Total, ia mencetak 13 gol dalam karirnya, semuanya diciptakan bersama klub Israel ini.

Golnya di Liga Champions pun menorehkan sejarah baru. Enyeama menjadi kiper Afrika pertama yang melakukan hal tersebut. Sejauh ini, belum ada kiper lain yang mampu mencapai rekor istimewa tersebut.

3. Sinan Bolat Mencetak Gol sundulan untuk Standard Liege saat Menghadapi AZ Alkmaar

Sinan Bolat berhasil mencetak gol ke gawang AZ Alkmaar di Standard Liege. Gol itu tercipta saat keduanya bertemu di laga terakhir grup musim 2009/2010. Sang kiper sukses melayangkan sundulan di penghujung pertandingan.

Gol Bolat mengakhiri pertandingan dengan skor 1-1. Hasil imbang itu membuat Standard Liege finis ketiga, sehingga menyingkirkan mereka dari permainan di Liga Europa. Sedangkan AZ Alkmaar terpuruk ke dasar klasemen liga.

Gol Bolat pun mengukir sejarah tersendiri. Dia adalah penjaga gawang pertama yang membuka gol dari situasi permainan. Gol tersebut lahir dari tendangan bebas rekannya, Benjamin Nicainen.

EditorDewi F

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru