Minggu, April 21, 2024
spot_img

Bikin Resah Warga, Dinsos Ciamis Evakuasi ODGJ ke RSJ Marzoeki Mahdi Bogor

Daerah, Lokacita: Seorang pria Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) dievakuasi oleh Dinas Sosial Kabupaten Ciamis karena membuat resah warga pada Kamis (22/02/2024).

Selain membuat resah warga, Ivan pemuda yang berasl dari Selaawi Desam Imbanagara Raya dievakuasi karena dikhawatirkan menganggu kedua orang tuanya.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Dede Saefulloh selalu Pendamping Rehabilitasi Sosial (Rehos) Dinsos Ciamis. “Pasalnya kedua orang tua Ivan juga kondisinya sedang sakit,” ungkapnya.

Pada saat dievakuasi, Dede munuturkan jika Ivan tidak menunjukan perlawanan sehingga proses evakuasi berjalan dengan lancar.

“Proses evakuasi berjalan lancar karena Ivan tidak agresif saat ditangani oleh tim dari Dinsos Ciamis,” kata dia.

Setalah dievakuasi Ivan akan dibawa ke RSJ Marzoeki Mahdi Bogor oleh Dinsos Ciamis dan Sentra Phala Martha yang merupakan salah satu unit yang berada di bawah Kementerian Sosial RI dalam mengurusi penyandang disabilitas dan ODGJ.

Dede kembali membeberkan terkait kondisi Ivan yang berasal dari keluarga kurang mampu. “Mengetahui kedua orang tuanya sakit, Sentra Phala Martha membawa keduanya ke RSUD Ciamis untuk pengecekan kesehatan,” ujarnya.

Setelah diperiksa oleh Tim Kesehatan yang didampingi oleh petugas dari Sentra Phala Martha, Rehos, dan PKH, orang tua Ivan diberi bantuan berupa tempat tidur, peralatan masak, pakaian, sembako, dan peralatan kesehatan.

“Selain bantuan tersebut, Kemensos melalui Dinsos Ciamis dan Sentra Phala Marta memberikan bantuan yang bersifat jangka panjang,” ungkap Dede.

Bantuan jangka panjang tersebut berupa ternak ternak ayam sentul.

“Harapannya dengan bantuan tersebut mampu meningkatkan taraf ekonomi keluarga Ivan,” ujarnya.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru