Rabu, Juli 24, 2024
spot_img

Disdukcapil Ciamis Serahkan Adminduk kepada Pasangan Pengantin

Daerah, Lokacita: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis melalui Disdukcapil serahkan administrasi kependudukan untuk pasangan pengantin sebagai inovasi terbaru.

Inovasi tersbeut diberi nama Pelaminan Pengantin (Pelayanan Administrasi Kependudukan bagi Pasangan Pengantin) untuk melayani pengantin baru dalam mendapatkan Kartu Keluarga dan e-KTP.

Penyerahan dokumen adminduk bagi pasangan pengantin baru diserahkan setelah kedua mapelai menyelesaikan akad pernikahan.

Pasangan pengantin tersbeut akan mendapatkan Kartu Keluarga dan e-KTP dengan perubahan status perkawinan.

Penyerahan KTP dan KK dilakukan secara simbolis oleh Kabid Pendaftaran Penduduk Disdukcapil dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Ciamis.

Yayan Muhamad Supyan, Kepala Disdukcapil Ciamis mengatakan inovasi tersebut pertama diselenggarakan pada 2022 lalu.

Selama lebih dua tahun berjalan, program Pelaminan Pengantin sudah banyak memberikan kemudahan bagi pasangan yang baru menikah.

“Dulu kalau menikah harus mengurus dokumen nikah dulu baru kemudian mengurus dokumen kependudukan. Sekarang bisa lebih mudah, sehingga Nikah langsung dapat buku nikah, KTP dan KK yang baru,” ucapnya pada Senin (27/05/2024).

Selain itu, Yayan menjelaskan sekarang setiap pasangan yang akan menikah, ketika melapor ke Kantor Urusan Agama (KUA) harus melengkapi persyaratan pisah KK karena perkawinan untuk diserahkan ke kantor Disdukcapil Ciamis.

“Selanjutnya setelah melalui verifikasi operator Disdukcapil, dokumen Adminduk KTP & KK akan diterbitkan bertepatan dengan hari pernikahan,” kata Yayan.

Yayan berharap melalui Inovasi Pelaminan Pengantin, pasangan pengantin baru tidak perlu ribet untuk mengurus adminduk setelah menikah.

“Kita harapkan melalui Inovasi Pelaminan Pengantin, setiap pasangan pengantin baru tidak perlu lagi mengurus sendiri KK dan KTP ke Dinas Dukcapil,” ungkap Yayan.

Pihak Disdukcapil Ciamis tengah gencar melakukan sosialisasi terkait inovasi Pelaminan Pengantin.

“Hal ini bertujuan supaya masyarakat Ciamis, khususnya yang akan menikah bisa merasakan manfaat dari inovasi pelaminan pengantin dari Disdukcapil,” ujarnya.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru