Sabtu, Mei 18, 2024
spot_img

Peduli Korban Bencana, Dinsos Ciamis Salurkan Bantuan

Ciamis, Lokacita: Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Ciamis salurkan bantuan kepada warga yang terkena dampak tanah bergerak, Jum’at (12/4).

Diketahui yang terkena dampak tanah bergerak itu adalah warga Dusun Dayeuhdatar RT 011 RW 003 Desa Nagarapageuh Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis.

Bantuan yang disalurkan oleh pihak Dinsos Ciamis dimandatkan melalui petugas Tagana yang diserahkan langsung kepada Camat Panawangan.

Ketua Penasehat FK Tagana Ciamis, Ade Deni mengungkapkan, Dinsos Ciamis langsung responsif memberikan bantuan saat mendapatkan kabar adanya kejadian tanah bergerak.

“Kita memberikan bantuan kepada korban tanah bergerak melalui petugas Tagana yang kemudian diserahkan kepada masyarakat melalui Camat Panawangan,” ungkap Ade.

Dia menuturkan, pihaknya secara langsung memberikan bantuan kepada pihak pemerintah Kecamatan agar diberikan langsung kepada masyarakat yang terkena bencana tanah bergerak.

“Kita memberikan bantuan berupa alat tidur, sembako dan bantuan lainnya yang bermanfaat,” tuturnya.

Ade menerangkan, bantuan yang diberikan oleh pihak Dinsos Ciamis diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terkena dampak tanah bergerak.

“Kondisi masyarakat yang terkena dampak sangat memprihatinkan, jadi kita berharal dengan bantuan tersebut tujuh keluarga yang terkens dampaknya dapat terbantu,” terangnya.

Ade mengatakan, keruagian yang dialami oleh korban tanah bergerak di kecamatan Panawangan diantaranya sebesar 50 juta.

“Warga Kecamatan panawangan yang tertimpa bencana diantaranya Parman, Supendi, Ali Surahman, Sariah, Agus Musonip, Ojo serta Sodikin,” katanya.

Diketahui rumah warga mengalami rusak parah, masing-masing mengalami kerugian 50 juta, kemudian total kerugian semua warga mencapai 350 juta.

“Secara total keseluruhan kerugian mencapai 350 juta ya, karena memang rumah-rumahnya mengalami kerusakan berat,” ungkapnya.

Bencana tanah bergerak itu diduga akibat hujan deras yang mengguyur warga selama beberapa jam.

“Bencana yang mengakibatkan kerugian itu diduga disebabkan oleh hujan deras yang mengguyur pada Kamis malam hingga Jum’at pada pukul 18.00 sampai 24.00 WIB,” pungkasnya.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru