Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

Pemerintah Kabupaten Ciamis Laksanakan Evaluasi SAKIP 2023

DAERAH, Lokacita: Menindaklanjuti surat dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB) dengan nomor No. B/116/AA.04/2022.

Pemerintah Kabupaten Ciamis melakukan wawancara terkait pelaksanaan evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP).

Proses wawancara dilaksanakan secara resmi di area pemerintahan Kabupaten Ciamis, tepatnya di aula Aria Kusumahdiningrat Setda, pada hari Kamis (14/9),dilansir dari laman resmi Ciamis.

Pertemuan dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra yang juga merupakan pembicara dalam kegiatan tersebut.

Yana dengan jelas mengungkapkan bahwa pelaksanaan SAKIP di Kabupaten Ciamis terus mengalami peningkatan seiring berjalannya waktu.

Pelaksanaan SAKIP di Ciamis telah mencapai predikat B dan hanya tinggal beberapa langkah untuk meningkatkannya menjadi BB.

Yana juga yakin peringkat BB pada SAKIP akan diraih Kabupaten Ciamis dalam tahun ini.

“Kabupaten Ciamis mendapatkan nilai 68.9 (B) dan untuk mencapai predikat BB nilai nya harus 70.00. Kekurangan beberapa poin ini insya Allah dapat dikejar pada tahun 2023,” ungkap Wabup.

Yana menambahkan bahwa terkait LHE Menpan 2022, ditindak lanjuti dengan diterbitkannya Peraturan Bupati No. 26 tahun 2023 terkait pedoman SAKIP.

Selebihnya adalah dihadirkannya e-SAKIP yang membuat implementasi Sakip menjadi semakin baik karena setiap data tersusun dengan baik.

Dilansir dari Sumedangkab, penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang dalam hal ini e-SAKIP merupakan produk andalan Kabupaten Sumedang.

Aplikasi tersebut kemudian diberlakukan juga di Kabupaten Ciamis, secara sah melalui Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang ditandatangani secara virtual pada 2021.

Lebil lanjut Wakil Bupati Ciamis juga mengungkapkan bahwa Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah di Kabupaten Ciamis ditujukan terutama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, beberapa program telah dijalankan, termasuk SIKISMIS (Sistem Informasi Kartu Indonesia Sehat),

IMMAS GEMAS (Implementasi Massif Gerakan Masyarakat Ayo Sekolah), BAIM KUMIS (Bantuan Imah Keur Urang Ciamis), Program Pengelolaan Air Minum

Dan yang terakhir JEMPOL SI MANIS (Jemput Bola Siap Melayani Masyarakat Ciamis). Dinyatakan Wakil Bupati Yana menurut Ciamiskab.

EditorNuryanti

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru