Selasa, Juli 23, 2024
spot_img

Soroti Ancaman Krisis Pangan, Wabup Garut Tutup Acara HKP Ke-51

DAERAH, Lokacita: HKP merupakan sebuah perayaan yang bertujuan untuk mempromosikan dan memajukan sektor pertanian dalam suatu wilayah melalui pameran, lomba, seminar, dan kegiatan lainnya.

Ini bertujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pertanian dalam memenuhi kebutuhan pangan dan ekonomi.

Pada hari Sabtu kemarin (5/8) perayaan Hari Krida Pertanian atau yang disingkat dengan HKP ke-51 Tahun 2023 di Kabupaten Garut telah resmi ditutup.

Pagelaran tersebut langsung ditutup oleh Wakil Bupati Garut Helmi Budiman. Acara berlangsung di Gedung Pendopo Garut dan Alun-Alun Garut.

Acara ini digelar dengan dengan tujuan memberikan panggung bagi para petani dan warga Kabupaten Garut untuk mengekspresikan semangat dan harapan dalam menghadapi tantangan krisis pangan yang digadang-gadang akan datang beberapa waktu kedepan.

Helmi Budiman memberikan pandangannya terhadap tantangan tersebut, menurutnya bukannya menjadi sebuah ancaman akantetapi krisis pangan justru dapat menjadi faktor penguat ekonomi petani di Kabupaten Garut.

Baginya penting bagi para petani untuk mengubah ancaman krisis pangan dapat menjadi menjadi sebuah peluang untuk mengembangkan sektor pertanian di wilayah tersebut.

Pernyataan tersebut bukan tanpa sebab melainkan mengingat mayoritas penduduk Kabupaten Garut adalah petani, situasi krisis pangan bisa menjadi momen yang berpotensi mendorong pertumbuhan sektor pertanian dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Dikutip dari situs resmi Pemprov Jabar, dalam sambutannya Helmi Budiman mengungkapkan, “Kita berharap bahwa ancaman krisis pangan ini bisa menjadi peluang bagi Kabupaten Garut, dan mendorong pertumbuhan sektor pertanian.”

Helmi juga menyoroti masyarakat yang dinilai sangat antusias mengikuti acara HKP ke-51yang berlangsung selama 3 hari ini.

Ia berharap antusiasme yang ditunjukan merupakan bentuk optimisme dan harapan besar masyarakat terhadap pertanian di Kabupaten Garut.

Dilansir dari detikjabar, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Beni Yoga Gunasantika mengungkapkan bahwa acara tersebut dapat menambah motivasi para petani sehingga dengan motivasi yang baik pertanian di Kabupaten Garut akan terus mengalami peningkatan sehingga dapat berkontribusi besar pada pertumbuhan ekonomi daerah.

Beni Yoga Gunasantika juga menambahkan bahwa tujuan utama dari lomba-lomba yang diadakan dalam HKP ini adalah untuk mendorong motivasi petani agar mereka dapat meningkatkan usaha pertanian mereka.

Harapannya, peningkatan usaha ini juga akan membawa peningkatan produksi pertanian, yang pada akhirnya akan membantu meningkatkan kesejahteraan para petani

Perayaan tersebut diakhiri dengan penyerahan penghargaan kepada para pemenang lomba HKP ke-51 serta penyerahan Miniatur Harum Madu tingkat Kabupaten Garut Tahun 2023.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru