Sabtu, Mei 18, 2024
spot_img

Tim Penggerak (TP) PKK Pokja 1 Kabupaten Ciamis Gandeng Disdukcapil Ciamis Lakukan Jemput Bola

Ciamis, Lokacita: Tim Penggerak (TP) PKK Pokja 1 Kabupaten Ciamis melakukan kolaborasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk melaksanakan pelayanan jemput bola.

Pelayanan jemput bola tersebut berupa pelayanan administrasi kependudukan untuk mayarakat yang digelar di Aula Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku pada, Kamis (7/3).

Yayan Muhammad Supyan selaku KepalA Dinas Disdukcapil Ciamis mengungkapkan, kegiatan pelayanan jemput bola ini merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis.

“Kita melakukan pelayanan jemput bola administrasi kependudukan ini adalah bentuk komitmen kita pada amanat Undang-Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2013 tentang administrasi kependudukan,” ungkapnya.

Dia menerangkan, isi dari amanat Undang-Undang tersebut diantaranya adalah memaksimalkan kepemilikan Administrasi penduduk bagi masyarakat.

“Oleh karena sudah menjadi komitmen kita terhadap aturan dan pengabdian kepada masyarakat, maka kita melakukan pelayanan jemput bola secara gratis,” terangnya.

Ia menambahkan, Kegiatan pelayanan jemput bola juga merupakan amanat yang diberikan oleh Bupati Ciamis untuk mempermdah masyarakat dalam membuat Adminduk.

“Sesuai arahan Pak Bupati ya, agar masyarakat di Kabupaten Ciamis memiliki dokumen kependudukan,” tambahnya.

Sementara itu, E. Hernaningsih Wasdi selaku Ketua Pokja TP PKK Pokja 1 Kabupaten Ciamis mengatakan, bahwa administrasi kependudukan ini sangat penting dimiliki oleh masyarakat.

“Semua masyarakat berhak dan harus tercatat ke dalam administrasi kependudukan,” ucapnya.

Dia menerangkan, kepemilikan administrasi kependudukan itu dapat berupa Akte Lahir, KTP-El dan kartu identitas anak.

Menurutnya, kegiatan jemput bola ini dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memiliki Adminduk.

“Tentu Adminduk itu sangat penting, sebab Adminduk menjadi dasar dalam mendapatkan fasilitas pelayanan publik,” terangnya.

Dia menambahkan, Adminduk bisa menjadi dasar untuk mendapatkan bantuan sosial, kesehatan dan berbagai administrasi lainnya.

Melalui kegiatan ini, Ketua Pokja TP PKK Pokja 1 Kabupaten Ciamis itu berharap, semoga kedepannya masyarakat dapat menyadari pentingnya Administrasi Kependudukan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, E. Hernaningsih Wasdi selaku Ketua TP PKK Pokja 1 Kab Ciamis, Yayan Muhamad Supyan, AP., SIP., MM selaku Kepala Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis Yayan Muhamad Supyan, AP., SIP., MM.

Diketahui, kegiatan yang telah berhasil digelar di Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku itu diikuti oleh masyarakat yang berdomisili di Desa Jalatrang dan luar Desa Jalatrang.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru