Kamis, Mei 23, 2024
spot_img

5 Negara Kecil yang Prestasi Sepakbolanya Mendunia, Nomor 1 Asal Cristiano Ronaldo!

Olahraga, Lokacita: Deretan negara kecil ternyata memiliki prestasi sepak bolanya mendunia. Salah satunya adalah negara asal megabintang sepak bola dunia Cristiano Ronaldo.

Negara mana sajakah itu? Berikut 5 negara kecil yang prestasi sepak bolanya mendunia:

1. Portugal

Tanah air Cristiano Ronaldo juga masuk dalam daftar 100 negara kecil di dunia. Dengan luas hanya 35.560 kilometer persegi atau 92.090 kilometer persegi, Portugal menjadi negara terkecil ke-86 di dunia.

Meski begitu, Negara ini punya prestasi gemilang di bidang sepak bola. Timnas Portugal kini berada di peringkat 7 peringkat FIFA. Dengan keberhasilannya menjadi juara, Portugal menjadi juara Piala Eropa 2016. Setelah itu, mereka juga menjadi juara UEFA Nations League 2018-2019.

Sayangnya, timnas Portugal tidak pernah berhasil meraih gelar juara di Piala Dunia. Pencapaian terbaik mereka adalah peringkat keempat pada 2006. Namun kans Portugal menjuarai Piala Dunia jelas terbuka lebar pada edisi berikutnya karena punya pesepakbola megabintang dunia, Cristiano Ronaldo.

2. Belgia

Salah satu negara kecil yang prestasi sepak bolanya mendunia adalah Belgia. Negara ini berada di urutan ke-59 dalam daftar 100 negara terkecil di dunia menurut Titlemax.

Luas negara ini adalah 11.787 mil persegi atau sekitar 30.528 kilometer persegi.
Meski begitu, Belgia telah meraih prestasi besar di dunia sepak bola. Faktanya, timnas Belgia berada di peringkat keempat ranking FIFA.

Mereka juga rutin tampil di kejuaraan dunia. Prestasi terbaiknya di Piala Dunia sendiri adalah peringkat ketiga Kejuaraan Dunia 2018 di Rusia.

3. Belanda

Negara ini berada di peringkat ke-64 dalam daftar 100 negara terkecil di dunia menurut Titlemax. Luas wilayah negara ini adalah 16.160 kilometer persegi atau sekitar 41.850 kilometer persegi.

Di dunia sepak bola, prestasi Timnas Belanda memang tak sehebat Belgia. Oranje, julukan Timnas Belanda berada di peringkat keenam ranking FIFA. Tim Belanda juga menjadi salah satu tim yang rutin tampil di Piala Dunia.

Prestasi mereka di Etape itu juga manis, finis kedua sebanyak tiga kali. Sekaligus menjuarai Piala Eropa 1988.

4. Denmark

Denmark berada di posisi empat. Menurut laporan Titlemax, peringkat Denmark sedikit di belakang Belanda dalam peringkat negara terkecil di dunia. Berada di peringkat ke-65 dan memiliki luas wilayah 16.639 mil persegi atau sekitar 43.094 kilometer persegi.

Denmark memiliki banyak pesepakbola bintang yang mampu membawa timnasnya meraih prestasi gemilang. Diantaranya adalah Christian Eriksen, Rasmus Hojlund, dan Kasper Schmeichel.

5. Kroasia

Kroasia juga masuk dalam daftar negara kecil dengan prestasi sepak bola global. Meski begitu, Kroasia kini bisa menduduki peringkat 10 klasemen FIFA.

Timnas Kroasia yang berlaga di Piala Dunia mampu tampil baik. Mereka bahkan berhasil mencapai babak final Piala Dunia 2018. Sayangnya di laga terakhir Kroasia harus kalah melawan Prancis dengan skor 2-4 sehingga harus puas di peringkat kedua.

Kroasia juga akan tampil bagus di Piala Dunia 2022. Mereka bisa meraih peringkat ketiga. Sayangnya, keganasan mereka di Piala Dunia tak bisa ditiru di Piala Eropa karena kerap tersingkir di babak penyisihan.

Prestasi manis tersebut tercipta saat Kroasia sendiri belum menjadi negara besar. Negara ini berada di urutan ke-71 dengan luas wilayah 21.651 mil persegi atau 56.594 kilometer persegi.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru