Minggu, Juni 16, 2024
spot_img

Negara Peserta Piala Dunia yang Lenyap dari Peta Dunia, Nomor Satu Pernah Juara Tiga Kali

Olahraga, Lokacita: Kami akan membahas total tujuh negara peserta Piala Dunia yang hilang dari peta dunia. Salah satunya adalah negara yang pernah menjadi juara tiga kali.

Piala Dunia merupakan ajang terbesar dalam kancah sepak bola. Bagi timnas, tampil di Piala Dunia merupakan pencapaian tertinggi.

Namun, ada tujuh negara peserta piala dunia yang hilang dari peta dunia. Bahkan, ada yang sudah tiga kali meraih trofi tersebut. Berikut 7 negara Piala Dunia yang hilang dari peta dunia.

1. Hindia Belanda

Hindia Belanda merupakan cikal bakal negara Indonesia. Pada dasarnya Hindia Belanda akan menjadi negara Asia pertama yang mengikuti Piala Dunia.

Hindia Belanda tampil di Piala Dunia 1938. Namun kalah di babak pertama karena kalah telak dari Hongaria 0:6. Sejak saat itu, baik Hindia Belanda maupun Indonesia saat ini tidak pernah tampil di Piala Dunia.

2. Cekoslowakia

Cekoslowakia adalah salah satu negara Eropa terkuat dalam sepakbola saat itu. Mereka nyaris memenangkan piala pada tahun 1934, namun kalah 1-2 dari Italia di final.

Saat ini, Cekoslowakia tidak lagi ada di peta dunia. Pasalnya negara ini terpecah menjadi dua negara yaitu Republik Ceko dan Slovakia.

3.Yugoslavia

Yugoslavia adalah salah satu negara terkuat di Eropa. Mereka tampil di delapan Piala Dunia, sukses mencapai semifinal pada tahun 1930 dan 1962.

Namun, setelah pecahnya perang, Yugoslavia terpecah menjadi beberapa negara, antara lain Kroasia, Slovenia, dan Bosnia-Herzegovina. Yugoslavia adalah Serbia pada saat itu.

4. Uni Soviet

Uni Soviet merupakan salah satu kekuatan besar pada masanya. Di bidang sepak bola, Uni Soviet pernah mencapai babak semifinal Piala Dunia, tepatnya pada edisi 1966.

Uni Soviet mengikuti tujuh Piala Dunia dan terakhir kali tampil pada tahun 1990. Kini Uni Soviet adalah Rusia. Lalu ada banyak negara yang terfragmentasi mulai dari Ukraina, Lituania, Latvia, Georgia hingga Turkmenistan dan Tajikistan.

5. Zaire

Zaire adalah negara dari Afrika. Dunia mengenal negara ini dari tahun 1948 hingga 1997. Namun saat ini Zaire dikenal sebagai Republik Demokratik Kongo.

Timnas Zaire menjadi satu-satunya yang mengikuti Piala Dunia 1973. Namun, mereka langsung tersingkir di babak penyisihan grup, kalah di ketiga pertandingan, termasuk Yugoslavia 0-9

6. Jerman Timur

Seperti namanya, Jerman Timur merupakan negara yang memisahkan diri dari Jerman. Republik Demokratik Jerman pernah lolos ke Piala Dunia 1974.

Itu satu-satunya penampilan mereka di Piala Dunia dan berkompetisi hingga babak kedua. Sejak tahun 1990, Jerman Timur bersatu dengan Jerman Barat setelah runtuhnya Tembok Berlin.

7. Jerman Barat

Sama seperti poin sebelumnya, Jerman Barat juga merupakan negara yang terpisah dari Jerman. Saat ini, Jerman bisa meraih empat gelar Piala Dunia. Namun, tiga di antaranya tercapai saat masih dikenal sebagai Jerman Barat. Ketiga gelar tersebut diraih pada tahun 1954, 1974, dan 1990.

Jerman Barat berpartisipasi di Piala Dunia sebanyak 12 kali. Namun sejak tahun 1994 timnas Jerman mulai dikenal setelah bersatunya Jerman Barat dan Timur serta runtuhnya Tembok Berlin pada 9 November 1989. Piala Dunia 1990 merupakan ajang terakhir yang diikuti Jerman Barat.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru