Kamis, Mei 23, 2024
spot_img

Pemain Langganan Timnas Indonesia yang Kini Terlempar dari Skuad Garuda

Olahraga, Lokacita: Sejak Shin Tae-yong datang untuk menangani Timnas Indonesia, banyak pemain dengan label langganan Timnas yang kehilangan tempatnya. Bahkan mereka yang pernah menjadi skuad muda asuhan Luis Milla pada tahun 2017 lalu.

Banyak sekali penyebab mengapa Shin Tae-yong mencoret beberapa nama yang sebelumnya bertahan di timnas Indonesia.

Mulai dari kondisi fisik yang kurang sesuai harapan, keinginan melakukan regenerasi yang agak radikal, hingga diakhiri dengan proses naturalisasi pemain keturunan yang satu per satu rampung hingga bisa diboyong ke Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong kini telah mengundang 28 pemain untuk pemusatan latihan di Qatar mulai Desember 2023 hingga awal Januari 2024. Rencananya, 26 orang di antaranya akan masuk skuad tetap tim Garuda untuk berlaga di Piala Asia 2023 yang digelar di Qatar pada Januari-Februari 2024.

Pelatih asal Korea Utara ini memanggil dua pemain dari daftar penjaga gawang. Kiper muda Ernando Ari dan Muhammad Riyandi serta kiper Persikabo 1973 yang benar-benar mulai absen di level klub, Syahrul Trisna.

Di pembelaan yang sama, Shin Tae-yong cukup memboyong sejumlah pemain yang berkarier di luar negeri, seperti Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Jordi Amati, Sandy Walsh, dan Justin Hubner.

Selain dua juara BRI Liga 1, Rizky Ridho, Wahyu Prasetyo, Pratama Arhan dan Shayne Pattynama juga sedang mencari klub baru. Di lini tengah, pelatih asal Korea itu diperkuat Marcelino Ferdinand, Saddil Ramdan, dan Ivar Jenner.

Selain itu ada Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya, Egy Maulana Vikri, Marc Klok, Adam Alis dan Arkhan Fikri. Sedangkan Dendy Sulistyawan, Dimas Drajad, Ramadhan Sananta, Rafael Struick, dan Hokky Caraka berada di lini depan.

Apakah ada pemain favorit Anda yang tidak ada di tim ini? Berikut beberapa lima pemain langganan Timnas Indonesia yang tidak masuk skuad kali ini:

1. Nadeo Argawinata

Pemilik 24 pertandingan timnas Indonesia itu secara mengejutkan tidak masuk dalam daftar pemain yang diundang Shin Tae-yong. Meski namanya masih masuk dalam skuad Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang akan digelar pada November 2023.

Padahal Nadeo Argawinata sedang dalam performa terbaiknya. Borneo FC saat ini berada di puncak BRI Liga 1 2023/2024 dan Nadeo berperan besar di dalamnya.

2. Fachruddin Aryanto

Pemain aktif papan atas Timnas Indonesia ikut tersingkir. Fachruddin Aryanto yang sejauh ini sudah tampil dalam 57 pertandingan untuk Timnas Indonesia, dipastikan tidak bisa tampil di Piala Asia 2023.

Pemain yang membutuhkan dua laga lagi di Timnas Indonesia bisa menyamai striker legendaris Tim Garuda, Kurniawan Dwi Yulianto, akan mengikuti kualifikasi Piala Dunia Asia 2026 pada November 2026 dari tim asuhan Shin Tae-yong yang tersingkir ke Piala Dunia Asia 2015.

3. Alfaendra Dewangga

Usianya masih muda, 22 tahun. Ia membela timnas Indonesia sebanyak 15 kali. Namun posisinya di Timnas Indonesia mulai hilang sejak dua bulan lalu.

Alfeandra Dewangga terakhir kali memanggil Shin Tae-yong pada laga persahabatan internasional melawan Turkmenistan pada 8 September 2023. Setelah itu, bek PSIS Semarang itu seolah menghilang.

4. Rachmat Irianto

Berbeda dengan pemain lain dalam daftar ini, Rachmat Irianto justru tersingkir dari timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023 karena terpaksa absen.

Rachmat Irianto cedera saat memperkuat Persib Bandung melawan PSM Makassar di BRI Liga 1 2023/2024. Menurut Rafi Ghani, dokter tim Persib, Irianto perlu menjalani perawatan medis yang tidak bisa terburu-buru.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru