Senin, Juni 17, 2024
spot_img

Pemain Tertua di Skuad Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023

Olahraga, Lokacita: Shin Tae-yong benar-benar serius meremajakan wajah timnas Indonesia. Ia mendorong banyak pemain muda untuk menjadi tulang punggung tim Garuda di Piala Asia 2023.

Dari 28 pemain yang diundang kali ini, rata-rata usia timnas Indonesia adalah 23-28 tahun. Pemain termuda mereka pada pemanggilan ini adalah Arkhan Fikri yang usianya belum genap 19 tahun.

Namun di sisi lain, meski tak banyak, Shin Tae-yong juga mengundang pemain-pemain senior. Pemain tertua di Skuad Garuda kali ini adalah Jordi Amat yang berusia 31 tahun.

Faktanya, hanya ada lima pemain senior dalam undangan ini, tiga di antaranya berusia di atas 30 tahun. Pemain tersebut adalah Jordi Amat, Marc Klok, Adam Alis. Sandy Walsh dan Syahrul Trisna Fadillah.

Bagaimana rekam jejak pemain senior Indonesia dan perjalanannya bersama tim Garuda? Baca artikel selengkapnya di bawah ini.

Syahrul Trisna Fadillah – 28 tahun

Dalam peringkat kelima pemain tertua Timnas Indonesia saat ini, nama Syahrul Trisna Fadillah berada di peringkat kelima. Kiper Skuad Garuda tersebut saat ini berusia 28 tahun.

Syahrul sendiri memulai perjalanannya bersama timnas Indonesia pada 9 Desember 2021 pada laga melawan Kamboja. Saat itu, pemain Persikabo (1973) itu berusia 26 tahun 13 hari.

Hingga saat ini, Syahrul sudah bermain sebanyak 27 kali untuk timnas Indonesia, tujuh kali sebagai starter. Sedangkan 21 kali dia hanya duduk di bangku cadangan, tidak bermain. Dalam tujuh kali tersebut, kiper bertinggi 1,8m itu mencatatkan satu clean sheet dan mencetak delapan gol.

Sandy Walsh – 28 tahun

Sandy Walsh berada di peringkat keempat dari lima pemain tertua di timnas Indonesia saat ini. Bek Skuad Garuda tersebut saat ini berusia 28 tahun.

Walsh dilantik menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada 17 November 2022. Pemain asal Belanda itu kemudian melakoni debut bersama Garuda pada 8 September 2023.

Saat itu, ia tampil sebagai starter saat melawan Turkmenistan. Sejauh ini, Walsh sudah empat kali bermain bersama Skuad Garuda. Dia mencetak satu assist dalam 252 menit bermain.

Adam Alis – 30 tahun

Adam Alis saat ini berada di peringkat ketiga dari lima pemain tertua di timnas Indonesia. Gelandang Skuat Garuda itu saat ini sudah berusia 30 tahun. Sebelum mengukuhkan skuad senior, Adam Alis memperkuat skuad U-23 Indonesia.

Bersama Garuda Muda, ia tampil di Sea Games Singapura 2015. Dua tahun kemudian, ia diundang memperkuat timnas Indonesia di laga uji coba melawan Fiji.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru