Senin, Juni 17, 2024
spot_img

Ogah Putuskan Hubungan, 4 Negara Arab ini Memiliki Hubungan Diplomatik dengan Israel

Internasional, Lokacita: Ogah memutuskan hubungan diplomatik, 4 negara Arab ini masih memiliki hubungan diplomatik dengan Israel hingga saat ini.

Sejumlah negara Arab disebut-sebut enggan bergerak dan mencari jalan keluar dalam menghadapi serangan Israel terhadap Palestina yang semakin hari semakin menggila.

Dalam pelaksanaan KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dan KTT Liga Arab yang digelar secara bersamaan pada Sabtu pekan kemarin nampaknya tidak memberikan pengaruh yang kuat untuk menahan agresi Israel terhadap Palestina.

Bahkan beberapa negara UEA dengan tegas menolak usulan dari Iran terkait embargo minyak ke Israel sebagai sebuah hukuman lantaran memborbardir wilayah Gaza.

Lantas, negara Arab mana saja yang memiliki hubungan diplomatik dengan Israel hingga saat ini? berikut selengkapnya.

1. Uni Emirat Arab

UEA bersama Bahrain secara kompak membuka pintu damai dengan negara Israel dan menjalin hubungan secara diplomatik di bawah perjanjian Abraham Accords pada September 2020 yang lalu.

Alasan UEA melunak dan menerima tawaran perdamaian di Timur Tengah lantaran mendapat ancaman dari Iran.

Tetapi jika dilihat dari kondisi saat ini, Bahrain kembali menarik duta besarnya dari Tel Aviv dan meminta duta besar Israel untuk pergi dari Manama.

2. Mesir

Pada tahun 1979 Presiden Mesir Anwar Sadat membuat pernajian damai dengan Israel. Berdasarkan perjanjian tersebut Israel secara resmi menyerahkan Semenanjung Sinai kepada Mesir sebagai imbalan pembentukan hubungan diplomatic penuh.

Hingga saat ini perbatasan Rafah dan Mesir menjadi satu-satunya pintu masuk dan keluar bantuan kemanusiaan untuk wilayah Gaza.

3. Maroko

Pada Desember 2020 yang lalu Maroko dan Israel sepakat menjalin kerja sama untuk perdagangan dan hubungan diplomatic penuh.

Selain itu Maroko dan Israel juga sepakat membuat perjanjian kerja sama keamanan pada tahun 2021. Lantaran kerja sama inilah hubungan Maroko dan Aljazair mulai retak.

4. Sudan

Pada 23 Oktober 2020 Sudan secara resmi membentuk hubungan diplomatik dengan negara Israel di bawah perjanjian Abraham Accords dengan prakara AS.

Lantaran kerja sama ini Sudan terbebeas dari daftar negara pendukung teroris dan menghapusnya dari sanksi ekonomi.

5. Yordania

Hubungan diplomatik antara Yordania dan Israel terjadi setahun setelah Perjanjian Damai Osli antara Israel dan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO).

Hingga saat ini Raja Yordanian masih memegang status sebagau penjaga Masjid Al-Aqsa lantaran banyak pengungsi Palestina lari ke wilayah Mesir dan Yordania pada taahun 1967.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru