Kamis, Mei 23, 2024
spot_img

Rayakan Hari Batik, Jokowi Membuka Acara di Istana Menggunakan Batik

Nasional, Lokacita: Rayakan Hari Batik, Jokowi membuka acara di istana menggunakan batik telah digelar Minggu, 1 Oktober 2023 Malam.

Acara ini diselenggarakan untuk memperingati Hari Batik Nasional setiap 2 Oktober.

Pada acara ini Presiden RI Jokowi Widodo (Jokowi) yang didampingi Iriana, selaku Ibu Negara RI membuka acara Istana Berbatik yang telah terlaksana di Depan Istana Merdeka.

Melansir portal Setkab, acara Istana Berbatik ini, Jokowi memakai batik dengan motif udan liris dan parang sehingga membuat Presiden RI ini tampak gagah.

Tidak Hanya Presiden RI yang menarik perhatiaan dari acara ini, tetapi Ibu Negara RI, Iriana juga menggunakan atasan bermotif truntum dipadukan dengan bawahan bermotif parang.

Pada acara ini juga Presiden RI memberikan pesan dan harapan untuk masyarakat Indonesia agar selalu bangga berbusana batik.

“Melalui acara Istana Berbatik malam ini, untuk memperingati Hari Batik Nasional pada 2 Oktober, saya ingin mengajak semua masyarakat Indonesia untuk memiliki kebanggaan pada kekayaan seni dan budaya Indonesia. Tidak hanya itu, masyarakat Indonesia harus aktif mengembangkan dan melestarikan budaya batik ini. Jangan sampai budaya batik hilang karena tidak ada masyarakat yang mau melestarikan,” ujar Jokowi yang dilansir dari portal Setkab.

Jokowi juga mengatakan kembali bahwa Indonesia harusnya lebih bersyukur karena mempunyai batik sebagai warisan budaya yang sudah diakui UNESCO.

“Bangsa Indonesia seharusnya bersyukur karena mempunyai batik yang bukan sekadar karya seni biasa di Indonesia. Namun, warisan budaya tidak benda dengan adanya teknik, simbolisme, dan budaya yang sangat melekat dengan negara Indonesia,” ujar Jokowi kembali.

Pada acara Istana Berbatik ini dihadiri oleh banyak kalangan, yakni duta besar negara-negara sahabat, tokoh publik, perwakilan kerajaan-kerajaan nusantara, model profesional, pimpinan lembaga negara, anggota Kabinet Indonesia Maju, dan perwakilan badan usaha milik negara (BUMN).

Tidak hanya itu, acara ini juga dimeriahkan oleh banyak persembahan seni tari dan banyak pameran usaha mulai dari usaha mikro sampai dengan menengah yang memperkenalkan berbagai batik di Indonesia.

EditorDewi F

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru