Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

Upayakan Kelancaran Operasi Mantap Brata, Polri Adakan Latihan Olah Strategi

Nasional, Sosio: Polri mengadakan Latihan Olah Strategi Operasi Mantap Brata di Gedung Presisi Mabes Polri. Acara tersebut diikuti oleh seluruh satgas Mantap Brata Seluruh Indonesia pada Senin (6/11).

Latihan Olah Strategi dilaksanakan hybird, dimana 9 satgas di tingkat pusat menghadiri secara langsung.

Sementara satgas daerah yang terdiri dari 34 Kasatgas (Kapolda) dan 528 Kapolres mengikuti acara tersebut lewat daring dengan media Zoom Meeting.

Dilansir dari laman resmi Humas Polri, Karopenmas Divisi Humas Polri Ahmad Ramadhan menjelaskan bahwa acara tersebut dilangsungkan di 2 gedung.

Pertama di Gedung Utama Ruang Pusdalsis Sebagai Lokasi Pengendalian Operasi, kedua adalah pada Gedung Presisi.

Kegiatan ini merupakan satu dari rangkaian peatihan yang telah dilaksanakan polri untuk memastikan kesiapan petugas dalam menjaga kondisi Pemilu 2024.

Yang menjadi pembeda dengan latihan-latihan sebelumnya adaah jumlah anggota yang mengikuti pelatihan, karena mencakup setiap tingkatan operasi dan dilaksanakan serentak.

Perbedaan lain terletak pada penggunaan teknologi, dimana Polri relah membangun command center yang merupakan pusat pengndalian operasi yang dilengkapi dengan infrastruktur teknologi yang mumpuni.

Dibangunnya pusat komando tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam pelaksanaan Operasi Mantap Brata 2023-2024.

Ramadhan sendiri mengungkapkan bahwa acara tersebut dipandang penting untuk memantapkan kesiapan petugas baik dari tahap strategi, manajerial maupun pelaksanaan.

“jadi semua mengakomodasi, mengkolaborasikan latihan dari tingkat strategi, menejerial, serta teknis (taktikal),” timpa Ramadhan.

Sedangkan pada tahapan manajerial, kepala satgas dituntut mengetahui tugas yang diberikan agar nantinya dapat menganalisa, memaparkan dan membagi di sub satgas masing-masing.

Sementara tugas sub satgas adalah menerima perintah, menerima perintah melaksanakan tugas dan setelahnya barulah melakukan pelaporan kepada pimpinan.

Baca Juga: Tips Perawatan Motor Listrik Agar Performanya Terjaga

Operasi Mantap Brata 2023-2024 sendiri melibatkan sekitar 261 ribu personel dari pusat (Mabes Polri) sampai jajaran Polda di seluruh Indonesia dan telah dilaksanakan mulai dari 19 Oktober 2023 kemarin.

Operasi yang akan berakhir pada 20 Oktober 2024 itu merupakan kegiatan yang diadakan setiap lima tahun sekali di momen Pemilihan Umum (Pemilu) serentak.

Tujuannya adalah untuk menciptakan keamanan, ketertiban serta keancaran pada saat kontestasi Pemilu dilaksanakan.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru