Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

Bumil Wajib Tahu, 2 Bahaya Mengonsumsi Minuman Bersoda untuk Janin

Ragam, Lokacita: Bumil wajib tahu dua bahaya mengonsumsi minuman bersoda karena berbahaya untuk janin. Bumil atau Ibu Hamil memang diwajibkan menjaga asupan makanan serta minuman yang dikonsumsi.

Hal ini karena makanan dan minuman yang dikonsumsi Bumil sangat berdampak pada janin di dalam perut sang ibu. Melansir dari laman kesehatan, terdapat minuman yang tidak boleh terlalu sering dikonsumsi Bumil, yakni soda.

Soda memang minuman yang cukup nikmat untuk diminum ketika sedang ada kegiatan. Namun, sayangnya untuk Bumil minuman bersoda wajib dikurangi atau dihindari karena mempunyai risiko ke tumbuh kembang janin saat kehamilan.

Masih melansir dari laman yang sama, ada dua bahaya yang mengintai janin saat ibu hamil mengonsumsi minuman bersoda.

Risiko Meningkatkan Obesitas Ibu dan Janin

Saat Bumil mengonsumsi minuman yang mengandung soda dalam jumlah yang sedikit memang tidak mempunyai dampak signifikan pada sang ibu serta janin.

Namun, ketika bumil mengonsumsi minuman ini dalam jumlah besar atau sedikit serta setiap hari dapat memicu obesitas bagi sang ibu serta janin.

Menurut para ahli, minuman soda memiliki kadar gula yang tinggi. Kadar gula yang tinggi ini menyebabkan obesitas pada ibu hamil.

Ketika seorang wanita sedang hamil, kenaikan berat badan merupakan hal yang wajib dipantau karena akan memengaruhi kondisi kesehatan janin.

Tidak hanya itu, kadar gula yang tinggi ini selain memicu obesitas juga memicu diabetes gestasional yang sangat mengganggu kesehatan.

Perkembangan Motorik Janin Terganggu

Para peneliti menemukan fakta lain ketika ibu hamil mengonsumsi soda secara berlebihan, yakni perkembangan motorik pada janin akan terganggu.

Hal ini karena minuman oda mempunyai kadar gula serta kafein yang tinggi. Tentu saja ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengonsumsi minuman ini.

Menurut para ahli, kandungan gula dan kafein yang tinggi pada minuman bersoda dapat memengaruhi tumbuh kembang serta sistem motorik halus janin terganggu.

Itulah dua risiko saat bumil mengonsumsi minuman bersoda. Oleh karena itu, selama kehamilan lebih baik seorang ibu hamil mengurangi atau tidak sama sekali mengonsumsi minuman bersoda.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru