Kamis, Mei 23, 2024
spot_img

Dehidrasi Akibat Fenomena Panas Terik, Coba 4 Minuman Sederhana Ini

Ragam, Lokacita; Dehidrasi tidak hanya terjadi karena aktivitas di luar, gejala ini juga bisa terjadi karena fenomena panas terik beberapa bulan ini.

Seperti yang diketahui dan dirasakan, cuaca di sebagian wilayah Indonesia lebih panas dari biasanya. Hal ini tentu saja membuat tubuh lebih banyak mengeluarkan cairan tubuh dan menjadi mudah haus.

Fenomena panas terik ini mempunyai dampak meningkatkan suhu tubuh manusia yang hasilnya keringat. Keringat yang berlebihan ternyata dapat menyebabkan dehidrasi.

Oleh karena itu, para ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi minuman-minuman yang mengandung elektrolit dan mineral. Hal ini berguna untuk mengganti cairan tubuh.

Minuman-minuman yang mengandung elektrolit dan mineral ternyata mudah ditemukan dan dibuat.

Berikut ini empat minuman sederhana yang sebaiknya diminum saat dehidrasi Akibat fenomena panas terik yang sedang terjadi.

Jus Semangka

Semangka selain enak dimakan secara langsung, buah ini dapat juga dikonsumsi dengan cara lain seperti dibuat jus. Ketika mengonsumsi jus semangka banyak kandungan yang dapat diserap oleh tubuh yakni, vitamin c, magnesium, potasiu, dan elektrolit yang baik untuk tubuh saat dehidrasi.

Air Kelapa Muda

Kelapa muda menjadi salah satu alternatif yang seringkali digunakan untuk mengembalikan cairan di dalam tubuh. Air kelapa muda memiliki kandungan magnesium, natrium, dan kalium. Semua kandungan yang disebutkan merupakan elektrolit yang dibutuhkan tubuh.

Lidah Buaya

Lidah buaya yang seringkali digunakan untuk memperbaiki dan memaksimalkan kerja sel kulit di wajah serta merangsang pertumbuhan rambut ini ternyata bisa menjadi solusi untuk menghindari tubuh yang mengalami dehidrasi.

Walaupun masih jarang digunakan dan masih terasa asing, lidah buaya dapat dibuat jus untuk dikonsumsi. Jus lidah buaya ini mempunyai banyak kandungan yang dapat membantu memulihkan tubuh yang mengalami dehidrasi, yakni vitamin, mineral, dan asam amino.

Air Lemon

Lemon juga dapat menjadi alternatif sebagai minuman untuk mencegah dehidrasi. Air lemon ternyata memiliki senyawa elektrolit yang dibutuhan tubuh. Minuman ini juga ternyata memiliki kandugan vitamin C yang baik untuk kesehatan.

Oleh karena itu, saat fenomena panas terik ini masih terjadi, alangkah baiknya untuk mengonsumsi beberapa minuman yang sudah dipaparkan sebelumnya. Hal ini berguna agar tubuh tidak mengalami dehidrasi saat beraktivitas.

EditorDewi F

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait

Cara Merawat dan Menjaga Daerah Kewanitaan

Beragam Jus Buah Untuk Menjaga Kesehatan

Wajib Tau! Ini Tanda-tanda Penyakit Katarak

- Advertisment -spot_img

Terbaru