Rabu, Februari 21, 2024
spot_img

Selalu Siaga, Ini Cara Mudah Aktifkan Notifikasi Gempa di Ponsel

Ragam, Lokacita – Akhir-akhir ini gempa dengan magnitudo cukup besar melanda sejumlah wilayah di dunia. Tidak terkecuali dengan Indonesia. Karena itu, Anda sebaiknya mengaktifkan notifikasi gempa guna mengetahui akan adanya bencana tersebut sehingga bisa siaga menyelamatkan diri.

Di beberapa ponsel sendiri kini terdapat fitur-fitur khusus yang dapat mendeteksi akan adanya gempa. Lantas, bagaimana cara mengaktifkannya?

Cara Aktifkan Notifikasi Gempa di iPhone

Di ponsel iPhone, khususnya dengan iOS versi 15.6 dan yang lebih baru, notifikasi gempa rata-rata sudah diaktifkan. Untuk mengeceknya, Anda bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini.

● Masuk ke Pengaturan.
● Klik menu Pemberitahuan.
● Kemudian, cek toggle Peringatan Tes. Jika sudah di posisi kanan, artinya notifikasi sudah aktif.

Sementara itu, para pengguna iPhone dengan versi iOS di bawah 15 dapat mengaktifkan notifikasi gempa dengan membuka menu khusus. Caranya:

● Ketik *5005*25371# di menu Telepon.
● Tap tombol Panggil untuk mengaktifkannya.
● Untuk mematikannya, Anda bisa memanggil kode *5005*25370#.

Cara Aktifkan Notifikasi Gempa di Android

Khusus pengguna Android, notifikasi gempa bisa didapatkan dari fitur Earthquake Alert System. Fitur tersebut akan memberikan sinyal dan notifikasi adanya gempa berbahaya dengan kekuatan 4 SR atau lebih. Untuk mengaktifkannya, lakukan langkah berikut:

● Pertama, masuklah ke menu Pengaturan.
● Kemudian, aktifkan lokasi di Location Services.
● Masuk ke laman Safety & Emergency dan geser toggle di samping menu Earthquake Alerts.

Sebagai informasi, tidak semua Android bisa mendapatkan manfaat dari fitur ini. Kendati begitu, beberapa orang sudah merasakan manfaatnya.

Jika di ponsel Android Anda belum ditemukan fitur Earthquake Alerts System, notifikasi gempa bisa didapatkan dari aplikasi BMKG. Anda bisa langsung mengunduh aplikasi tersebut di Google Play Store. Adapun langkah untuk mengaktifkan notifikasinya ialah sebagai berikut.

● Masuk ke aplikasi BMKG.
● Klik izinkan akses saat muncul pemberitahuan dan setujui kotak Izinkan Pemberitahuan.

Cukup mudah, bukan? Dengan menerapkan salah satu cara aktifkan notifikasi gempa di atas, Anda bisa lebih siaga menyelematkan diri saat adanya bencana alam ini. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan pastikan tahu caranya menyelamatkan diri saat gempa terjadi.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru