Selasa, Februari 27, 2024
spot_img

Debat Pertama Capres 2024 Sukses Digelar Malam Tadi, Berikut Rinciannya!

Nasional, Lokacita: Debat perdana antar Capres diadakan KPU pada malam ini, agenda tersebut akan digelar di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat.

Pada wartawan, Komisioner KPU RI August Mellaz mengatakan bahwa Debat Pertama Capres 2024 akan dimulai pada jam 19.00 WIB.

“(Debat Pertama Capres 2024) Rencananya akan dilangsungkan pada jam 19.00 WIB,” jelas August Mellaz pada Jumat (8/12) dikutip Detik.

Acara tersebut mempertemukan ketiga Calon untuk beradu argumentasi dan gagasan tentang tema yang disuguhkan yakni ‘Hukum & HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi dan Penguatan Demokrasi’.

August Mellaz juga mengungkapkan bahwa KPU juga telah menunjuk dua wartawan TVRI, Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel sebagai pemandu acara.

Debat akan berlangsung selama 120 menit dan terbagi menjadi enam segmen, diselisih segmen ada jeda waktu 5 menit untuk iklan sehingga secara keseluruhan berdurasi 150 menit.

“Secara keseluruhan durasi waktu debat totalnya 150 menit. Khusus debat 120 menit, ada 6 segmen. Diantara segmen, akan ada jeda untuk iklan sekitar lima menit,” ungkap Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari di kantor KPU RI, Senin (11/12).

Hasyim Asy’ari juga menjelaskan bahwa pertanyaan berjumlah 18 dan akan dibagi pada setiap segmen, sehingga akan ada 3 pertanyaan per-segmennya.

Panelis secara keseluruhan berjumlah 11 orang yang terdari dari pakar yang kompeten pada bidangnya masing-masing.

Dari para panelis secara mayoritas adalah para akademisi yang berasal dari berbagai Universitas bergengsi di Indonesia.

Mengutip dari CNN, diantara dari 11 orang panelis itu adalah Mada Sukmajati (UGM), Lita Tyesta (UNDIP), Ahmad Taufan (Demisioner Ketua Komnas HAM periode 2017-2020) dan Al Makin (UIN Sunan Kalijaga).

Sementara itu, Capres akan diberikan waktu satu menit untuk saling brargumentasi dan memberikan tanggapan satu sama lain.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru