Kamis, Mei 23, 2024
spot_img

Kasus Mycoplasma Pneumonia Terjadi Pada Anak-Anak, Kenali Gejala dan Cara Mencegahnya!

Nasional, Lokacita: Pneumonia adalah kasus penyakit yang disebabkan oleh bakteri mycoplasma pneumonia. Penderita penyakit ini kerap tidak disadaru lantaran gejalanya mirip dengan flu dan infeksi saluran pernapasan bagian atas.

Beberapa waktu belakangan ini kasus pneumonia meningkat pesat pada anak-anak di China. Hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebabnya.

Merebaknya kasus mycoplasma pneumonia pada anak-anak, penting untuk kita mewaspadai penyakit ini karena gejalanya relatif ringan dan sangat mirip dengan flu.

Walaupun gejalanya ringan, penyakit pneumonia bisa saja berbahaya bagi seseorang dengan imun tubuh yang lemah, misalnya bagi lansia dan pengidap penyakit kronis.

Yuk kenali lebih awal gejala mycoplasma pneumonia sebagai berikut:

• Batuk tergolong gejala pneumonia yang sangat umum. Ciri-ciri batuk pneumonia adalah batu berdahak dengan warna kuning, hijau, cokelat, hingga merah jika kondisinya sudah sangat parah dengan durasi satu minggu.
• Demam, meriang, dan badan menggigil dengan suhu hingga 38 derajat celcius.
• Terasa sesak napas dan nyeri saat bernapas. Gejala ini juga kerap bersamaan dengan sakit tenggorokan dan sakit kepala.
• Adanya kelelahan berlebihan yang ekstrem walaupun tidak melakukan banyak aktivitas. Serta kehilangan napsu makan.
• Beberapa penderita pneumonia juga timbul gejala seperti anemia, infeksi pada telinga, dan terjadi ruam pada kulit.

Beberapa gejala pneumonia di atas akan muncul dalam kurun waktu 15 hingga 25 hari setelah penderita resmi terinfeksi mycoplasma pneumonia. Dan perlu diwaspadai, gejala tersebut akan semakin parah dalam kurun waktu dua hingga empat hari saja.

Cara Mencegah Pneumonia

Hingga saat ini belum ada obat atau vaksin khusus untuk mencegah pneumonia. Tetapi, dilansir dari American Lungs Association, pneumonia bisa disembuhkan dengan cara melalui terapi obat antibiotic yang diresepkan khusus dari dokter.

Gejala pneumonia memang ringan seperti flu, tetapi obat-obatan yang dijual bebas tidak dapat meredakan gejala-gejala tersebut. Itulah sebabnya jika menemukan atau merasakan gejala di atas ada baiknya segera periksa dan konsultasi dengan dokter agar bisa disembuhkan secara optimal.

Dengan mengetahui gejala pneumonia yang disebabkan oleh mycoplasma pneumonia, maka Anda bisa mengantisipasi terjadinya penularan penyakit pneumonia. Dan jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan gunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru