Rabu, Februari 21, 2024
spot_img

Menteri Bahlil: Cawapres Gak Tahu Apa Itu Carbon Capture Storage, Bahaya!

Nasional, Lokacita: Debat Cawapres pertama berhasil digelar pada Jumat, 22 Desember 2023 kemarin malam. Pada perhelatan debat yang diselenggarakan kemarin malam ini ada satu hal menarik yang mendadak viral. Bahkan netizen turut mencari tahu hal tersebut.

Awalnya hal ini dibahas oleh Cawapres nomor urut 2, yakni Gibran dan Cawapres nomor urut 3, yakni Mahfud. Gibran bertanya mengenai regulasi carbon capture storage kepada cawapres Mahfud.

Tapi sayangnya selama 2 menit, Mahfud tak memberi jawaban yang sesuai dengan apa yang ditanyakan oleh cawapres Gibran. Bahkan dalam sesi berikutnya Mahfid menilai jika hal tersebut melenceng dari tema debat.

Sontak saja istilah tersebut mendadak viral dan banyak dicari tahu oleh warganet. Lantas, apa itu carbon capture storage? Simak penjelasan selengkapnya di sini!

Pengertian Carbon Capture Storage

CCS merupakan salah satu sistem penangkapan karbon dioksida atau CO2. CCS adalah salah satu teknologi mitigasi pemanasan global dengan cara mengurangi emisi karbon dioksida di atmosfer.

Teknologi CCS merupakan rangkaian pelaksanaan proses yang terikat satu sama lain. Mulai dari pemisahan, penangkapan, sumber emisi gas buang, pengangkutan. Hingga penyimpanan ke tempat yang paling aman.

Tanggapan Bahlil Lahadalia

Menanggapi debat Cawapres semalam, Bahlil selaku menteri Investasi menilai jika sudah sepatutnya jika cawapres paham akan regulasi carbon capture storage (CCS).

“Bahaya kalau cawapres enggak ngerti karbon dan CCS,” katanya. Seperti yang dikutip dari acara Simposium Nasional di Perpustakaan Nasional, Jakarta pada Sabtu, (23/12/2023).

Sudah sepatutnya jika cawapres mengerti isu tersebut. Karena berhubungan dengan masalah karbon yang saat ini menjadi perhatian di berbagai dunia terkait pemanasan global.

Lebih lanjut, Bahlil juga mengungkap jika Indonesia sendiri memiliki potensi investasi masa depan yang besar karena ada banyak sumur bekas tambang.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru