Rabu, Februari 21, 2024
spot_img

Profil Singkat Adi Suryanto, Kepala LAN RI yang Dikabarkan Meninggal Karena Sakit

Nasional, Lokacita: Berita duka datang dari Lembaga Administrasi Negara (LAN). Adi Suryanto, Kepala LAN RI, meninggal dunia di Yogyakarta pada Jumat (15/12). Informasi tersebut diumumkan oleh akun resmi LAN di instagram @humas_lan.

Sosok Kepala LAN RI

Dikutip dari situs LAN RI, Adi Suryanto lahir pada tanggal 8 Desember 1969 di Kebumen, Jawa Tengah, dari pasangan Soehadji dan Satirah. Adi bukanlah sosok baru dalam lingkungan Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Dari jenjang pendidikannya, Adi menyelesaikan gelar Sarjana S1 di Universitas Diponegoro (Undip) pada tahun 1993 mengambil jurusan Ilmu Pemerintahan.

Gelar Doktor dalam bidang Ilmu Politik diperolehnya pada tahun 2008 dari Universitas Indonesia (UI), setelah delapan tahun meraih gelar Master di Universitas yangsama pada bidang Administrasi dan Kebijakan Publik pada tahun 2000.

Adi Suryanto bukanlah sosok asing di lingkungan Lembaga Administrasi Negara. Selama 21 tahun, Adi Suryanto telah menjadi bagian dari Lembaga Administrasi Negara.

Dirinya memulai karir di LAN sebagai staf di Pusat Diklat Teknis dan Fungsional. Dalam waktu empat tahun, ia naik ke posisi Jabatan Struktural terendah eselon IV.

Ia secara berturut-turut mendapatkan promosi jabatan eselon III sebagai Kabag Administrasi di Pusat Kajian Otonomi Daerah, dan tak lama setelah itu, dipercaya pula sebagai Pelaksana Tugas Kepala Pusat.

Pada tahun 2009, Adi Suryanto menjabat secara definitif dalam posisi eselon II. Kemudian, melalui seleksi terbuka eselon I pada tahun 2013, ia terpilih sebagai Sekretaris Utama Lembaga Administrasi Negara.

Adi Suryanto telah mengikuti serangkaian diklat secara berjenjang dengan pencapaian gemilang. Dia tercatat sebagai 10 peserta terbaik dalam Diklat Prajabatan dan menjadi peserta terbaik I dalam Diklat ADUM.

Dirinya juga masuk dalam 10 peserta terbaik pada Diklat SPAMA, Diklat Pim II, dan Diklat Pim I, bahkan meraih prestasi sebagai peserta terbaik I dalam Diklat Pim I.

Almarhum memiliki peran yang signifikan dalam proses Reformasi Birokrasi di LAN.

Beliau bertugas sebagai Ketua Tim RB LAN sejak tahun 2010 dan turut memimpin proses Pembaharuan Diklat Pim Pola Baru. Selain itu, Adi juga terlibat dalam studi evaluasi terkait Otonomi Khusus Papua.

Selain menjadi pengajar dalam program Magister, Kepala LAN, Adi Suryanto, juga aktif sebagai pengajar di berbagai Diklat untuk Aparatur Sipil Negara. Dia terlibat dalam pengajaran baik dalam diklat Teknis maupun diklat Struktural (Diklatpim I, II, III, dan IV), serta diklat Prajabatan.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru