Rabu, Februari 28, 2024
spot_img

Cara Memanaskan Motor, Yuk Ikuti Tips Berikut!

Otomotif, Lokacita – Memanaskan motor di pagi hari menjadi salah satu ritual yang terkesan wajib untuk sebagian orang. Namun sayangnya, kebanyakan tidak menyadari adanya kesalahan dalam cara memanaskan motor yang dilakukannya. Oleh karena itu, tak sedikit juga di antaranya yang mendapati motornya mudah rusak tetapi tidak tau sumber masalahnya.

Jika Anda juga salah satu orang yang merasa perlu memanaskan motor sebelum memakainya, sebaiknya simak ulasan berikut. Di bawah ini adalah cara benar dalam memanaskan motor tanpa menimbulkan risiko kerusakan.

1. Panaskan Motor di Luar Ruangan

Memanaskan motor harus di luar ruangan. Hal ini dilakukan guna memastikan kesehatan keluarga Anda lebih terjaga. Pasalnya, proses memanaskan motor di ruangan bisa mengubah karbon dioksida di dalamnya menjadi karbon monoksida. Yang mana, zat tersebut berbahaya untuk kesehatan.

2. Pakai Kickstarter, Bukan Electric Starter

Menggunakan elektrik starter saat akan memanaskan motor memang jadi cara paling mudah dilakukan. Namun, langkah tersebut dapat mempercepat kerusakan aki sebab dipaksa bekerja berat sebelum terisi penuh. Oleh karena itu, pastikan memakai kickstarter untuk memanaskan motor meskipun butuh waktu sedikit lama.

3. Pastikan Durasi Tidak Lebih dari 5 Menit

Untuk memastikan mesin motor Anda tetap sehat, hindari pemanasan dalam waktu lebih dari 5 menit. Pasalnya, terlalu lama memanaskan motor bisa memicu terjadinya overheating. Meskipun tidak langsung memperlihatkan dampaknya, keseringan memanaskan mesin dalam waktu lama bisa menurunkan performa motor secara perlahan.

4. Jangan Tinggalkan Motor yang Sedang Dipanaskan

Salah satu penyebab mesin motor mengalami overheating adalah orang-orang meninggalkannya saat proses memanaskan. Karena itu, disarankan agar Anda tetap berada di samping motor selama memanaskannya sehingga durasi proses tersebut tidak terlalu lama.

5. Geber Gas Motor Maksimum 3000 RPM

Cara yang kelima, yaitu menggeber gas motor bisa dikatakan opsional. Namun, jika Anda ingin memastikan mesin bekerja lebih cepat, tidak ada salahnya melakukan ini. Dengan catatan, kecepatan saat digas tidak lebih dari 3000 RPM dan dilakukan dalam durasi maksimal 2 menit.

Selain cara-cara di atas, Anda juga disarankan untuk tidak memanaskan motor setiap hari. Idealnya, proses memanaskan motor bisa dilakukan tiga kali dalam satu minggu.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru