Rabu, Februari 21, 2024
spot_img

Anak Muda Wajib Tahu! Ini 4 Penyebab Wajah Berminyak

Ragam, Lokacita: Anak muda wajib tahu, empat penyebab wajah berminyak. Penyebab wajah berminyak paling sering ditemui karena mengonsumsi makanan yang tidak sehat atau perawatan kulit yang tidak sesuai.

Melansir dari laman kesehatan, minyak di wajah (sebum) sebenarnya alami terjadi. Sebum ini nanti akan menjaga kulit tetap lembap dan sehat.

Namun, beberapa orang mempunyai kelenjar minyak yang terlalu banyak sebum yang menyebabkan kulit lebih berminyak. Hal ini tentu memicu timbulnya jerawat serta penumpukan sel-sel kulit mati pada pori-pori.

Melansir dari laman kesehatan, ada empat penyebab wajah berminyak, mari simak penjelasannya.

Pori-Pori Besar

Wajah berminyak dapat terjadi karena pori-pori yang membesar. Pori-pori yang membesar seringkali terjadi karena usia yang bertambah, jerawat, dan berat badan yang bertambah.

Mengonsumsi Makanan Tinggi Karbohidrat dan Glukosa

Mengonsumsi makanan yang manis secara rutin selain menyebabkan kenaikan berat badan, ternyata menjadi salah satu penyebab wajah berminyak.

Menurut para peneliti, saat mengonsumsi makanan yang mempunyai kadar glukosa dan karbohidrat tinggi dapat meningkatkan produksi minyak di kulit. Hal ini menyebabkan wajah berminyak.

Sering Eksfoliasi Wajah

Mencuci muka secara berlebihan membuat wajah rentan terluka dan menyebabkan wajah cenderung berminyak. Selain mencuci muka, melakukan eksfoliasi wajah juga menjadi salah satu penyebab wajah berminyak.

Hal ini karena wajah mudah dehidrasi dan kering. Ketika mengalami kejadian ini memicu
kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak minyak.

Para peneliti menyarankan untuk eksfoliasi wajah minimal sebulan tiga kali untuk membersihkan sisa kulit mati pada wajah.

Jarang Menggunakan Pelembap dan Tabir Surya

Mempunyai wajah yang berminyak justru membutuhkan pelembap serta tabir surya. Walaupun salah satu dari penyebab wajah berminyak adalah pelembap, tanpa pelembap dan tabir surya dapat menyebabkan lebih banyak produksi minyak.

Solusi untuk menggunakan pelembap dan tabir surya pada wajah berminyak dengan memilih jenis pelembap dan tabir surya yang cocok untuk wajah berminyak. Para peneliti menyarankan untuk memilih pelembab dan tabir surya yang mempunyai bahan dasar air. Hal ini untuk mengurangi intensitas minyak pada wajah.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru