Senin, Juni 17, 2024
spot_img

Jadi Maskot Piala Asia 2023, Yuk Kenalan dengan Hewan Jerboa!

Ragam, Lokacita: Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) baru-baru ini mengumumkan bahwa hewan jerboa yang merupakan binatang pengerat gurun akan menjadi maskot resmi Piala Asia 2023.

Ajang sepak bola tersebut diselenggarakan di Qatar antara 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Maskot Piala Asia 2023

Hewan Jerboa ini akan diwakili oleh lima karakter yang membentuk keluarga, yakni Saboog, Tmbki, Freha, Zkriti, dan Traeneh, yang akan menjadi wajah dari turnamen bergengsi ini. Menariknya, kelima karakter ini sebelumnya telah menjadi maskot Piala Asia 2011 yang juga diadakan di Qatar.

Setiap karakter dalam keluarga hewan jerboa ini, Saboog, Tmbki, Freha, Zkriti, dan Traeneh, mendapatkan nama berdasarkan lokasi geografis yang berbeda di utara, selatan, timur, dan barat Qatar. Pencipta karakter ini adalah seniman Qatar terkenal, Ahmed Al Maadheed.

Seniman tersebut mencoba memberikan karakteristik unik pada setiap anggota keluarga. Selain itu, karakter hewan jerboa akan meniru peran berbeda yang dimainkan oleh para pemain sepak bola selama pertandingan.

Al Maadheed, dengan cermatnya juga berusaha menciptakan serangkaian karakter yang mencerminkan rumah tangga tradisional di Qatar. Hal tersebut menjadi suatu kehormtan sendiri bagi keempat negara.

Ini menjadi ekspresi seni yang memadukan unsur budaya dan olahraga dalam semangat perayaan Piala Asia 2023. Karakter hewan jerboa ini kembali hadir melalui animasi yang terinspirasi anime dan diproduksi oleh Katara Studios untuk Piala Asia 2023.

Selama acara tersebut para penonton dapat menikmati karya animasi yang membangkitkan kenangan akan kartun ikonik masa lalu. Fahad Al Kuwari menjadi sutradara dalam proyek ini, sementara lagu-lagu dipersembahkan oleh dua artis Qatar yakni, Dana Al Meer dan Tarek Al Arabi Tourgane.

Kedua penyanyi tersebut termasuk dalam deretan penyanyi dengan reputasi legendaris. Lima karakter maskot pertama dari serangkaian karakter yang mewakili keberagaman warna dan wilayah di Qatar turut memeriahkan Piala Asia 2023.

Saboog, putra keluarga berwarna biru, adalah karakter pertama yang hadir. Namanya diambil dari kata umum untuk jerboa dari Qatar. Freha, putri sulung dari keluarga berwarna merah jambu, namanya berdasarkan daerah yang sama dari bagian utara Qatar.

Sementara Tmbiki, putra bungsu berwarna kuning, mendapat nama dari wilayah Timbic bagian timur negara tersebut.

Orang tua karakter hewan jerboa tersebut adalah Zikriti dan Traeneh. Masing-masing memiliki kulit hijau dan ungu, diambil dari Zikrit di barat Qatar dan Tranaa dari bagian utara negara itu.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru