Kamis, Mei 23, 2024
spot_img

Kampung Kecil Indah dan Unik di Ciamis Yakni Rumah 8

Ragam, Lokacita: Kabupaten Ciamis yakni di Daerah desa Bunter Kecamatan Sukadana terdapat kampung kecil dengan 8 rumah yang sangat indah, kampung yang terpencil serta hanya memiliki 8 rumah.

Lokasi yang sangat terpencil, dan bertempat di tengah hutan. Walaupun jauh dari pusat kota warga disana sudah hidup puluhan tahun dan tidak menginginkan untuk pindah.

Eli Yuliana ketua RT rumah 8 menjelaskan, bahwa kampung ini awalnya bernama blok Cidahu Dusun Cibangban. Ini adalah kampung biasa bukan seperti kampung kuta atau kampung naga yang suka disebut kampung budaya.

Semua masyarakat yang ada disini merupan penduduk asli dan pewaris orang tuanya dulu, zaman dulu orang tua membuat rumah dekat dengan ladang dan kebun untuk memudahkan mereka.

Lanjutnya, mereka pun mumutuskan untuk membuat perkampungan kecil, yang tadinya semua rumah jaraknya terpisah dan agak jauh. Sekarang memutuskan untuk membuat kampung yang isinya hanya 8 rumah.

“Sejak dulu sampai sekarang rumahnya tidak bertambah bahkan berkurang, menurut cerita dulu ini ada sejak zaman kolonial”, ungkap Eli.

Eli menyampaikan, semakin bertambahnya waktu lama kelamaan kampung rumah 8 banyak dikunjungi oleh para offroader dari lokal bahkan luar Daerah, dan rupany di Desa Bunter memiliki jalur offroader yang jadi tujuan mereka. Yakni, dikawasan hutan jati.

Lokasi rumah 8 berada ditengah-tengah jalur yang akan di lewati oleh offroader. Sehingga kampung 8 menjadi tempat istirahat untuk para offroader menjalankan sholat dan makan saat melaksanakan perjalanan.

“Sekitar 5 tahun lalu nama kampung rumah 8 ini dicetuskan oleh para offroader “, tegasnya.

Saat ini, di kampung rumah 8 memiliki 9 kepala keluarga dengan 28 jiwa, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di sekitar rumah 8 ada warung sembako yang cukup komplet.

Eli menyebutkan, walaupun warga rumah 8 jauh dari pusat kota dan merupakan kampung terpencil, mereka tetap tidak mau pindah, karena mereka sudah nyaman dan tidak ingin jauh dari lahan yang sudah menghidupi mereka dari dulu.

Untuk sampai di perkampungan rumah 8, kita terlebih dahulu menuju hutan jati yang berada di Desa Bunter, dari sana perjalanan harus menggunakan sepeda motor yang memakai ban trail, perjalanan menggunakan motor trail kurang lebih 15 menit, dengan jalanan tanah dan bebatuan.

EditorHilmi

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait

Cara Merawat dan Menjaga Daerah Kewanitaan

Beragam Jus Buah Untuk Menjaga Kesehatan

Wajib Tau! Ini Tanda-tanda Penyakit Katarak

- Advertisment -spot_img

Terbaru