Selasa, Februari 27, 2024
spot_img

Kenali 2 Cara Pertolongan Pertama Saat Sakit Gigi Secara Tradisional, Pencegahan Sebelum ke Dokter Gigi

Ragam, Lokacita: Kenali dua cara ini adalah pertolongan pertama saat mengalami sakit gigi secara alami. Cara ini merupakan pencegahan awal sebelum ke dokter gigi.

Sakit gigi adalah rasa nyeri serta peradangan yang terjadi di rahang atau gigi karena infeksi, gigi berlubang, dan gusi yang membengkak. Ketika seseorang mengalami sakit gigi, terlihat pipi yang bengkak.

Hal ini tentu menganggu aktivitas yang sedang dikerjakan. Orang zaman dulu, saat mengalami sakit gigi belum tentu ke dokter gigi. Mereka mengatasi permasalahan tersebut dengan memakai obat tradisional karena belum ada alat canggih mengobati serta memproduksi obat-obatan untuk sakit gigi.

Melansir dari berbagai laman kesehatan, ada dua cara pertolongan pertama saat sakit gigi secara tradisional. Hal ini dapat dilakukan sebagai pencegahan sebelum ke dokter gigi.

Menggunakan Daun Jambu

Daun jambu menjadi alternatif pertolongan pertama ketika seseorang mengalami sakit gigi. Pada daun jambu terdapat antimikroba, analgesik, dan antiradang yang dapat meredakan sakit gigi.

Cara menggunakan daun jambu untuk obat adalah menyiapkan dua lembar daun jambu kemudian kunyah sampai air dari daun jambu keluar.

Setelah itu, air dari daun jambu keluar oleskan sari-sari atau air dari daun jambu dengan menggunakan lidah ke gigi yang sakit.

Menggunakan Daun Sirih

Orang zaman dulu menggunakan daun sirih sebagai obat sakit gigi secara tradisional. Cara menggunakan daun sirih untuk pertolongan pertama saat sakit gigi, yakni kunyah daun sirih sampai warna daun sirih berubah merah.

Menguyah daun sirih mempunyai manfaat, yakni menghilangkan bau pada mulut, penguat gigi, dan sebagai antiseptik. Selain dikunyah, daun sirih ternyata dapat direbus sampai mendidih.

Setelah mendidih, saring air dan diamkan sampai hangat kuku. Setelah itu, air rebusan tersebut digunakan dengan cara kumur-kumur sampai sakit gigi yang dirasakan hilang.

Cara pertolongan pertama saat sakit gigi dengan cara tradisional dapat dilakukan. Ketika sakit gigi semakin parah segera berobat ke dokter gigi.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru