Rabu, Juli 24, 2024
spot_img

Tiga Negara Eropa Resmi Akui Palestina Sebagai Negara Merdeka

Internasional, Lokacita: Tiga negara Eropa, yaitu Norwegia, Irlandia, dan Spanyol, membuat keputusan bersejarah dengan mengakui kedaulatan Palestina sebagai negara merdeka pada Rabu (22/5).

Dilansir dari Borneonews, pengakuan ini dijadwalkan akan mulai berlaku secara resmi pada tanggal 28 Mei 2024.

Perdana Menteri Norwegia, Jonas Gahr Store, menyatakan bahwa perdamaian di timur tengah tidak akan tercapai apabila terus terjadi konflik antar dua negara. Maka menurutnya, kemerdekaan Palestina merupakan prasayat untuk mencapai hal tersebut.

“Tidak akan ada perdamaian di Timur Tengah tanpa solusi dua negara, tidak ada solusi dua negara tanpa adanya negara Palestina” kata Store

Store juga menyampaikan bahwa langkah Norwegia dalam mengakui Palestina diharapkan dapat dicontoh oleh negara-negara Eropa lainya.

Sementara itu, Perdana Menteri Irlandia, Simon Harris, juga menegaskan bahwa negaranya mengakui Palestina sebagai negara.

“Ini adalah pengakuan yang penting dan bersejarah bagi hubungan antara Irlandia dan Palestian” Ungkap Harris

Dia optimis bahwa negara-negara lain akan mengikuti langkah tersebut, menguatkan dukungan internasional untuk kemerdekaan Palestina.

Berpandangan sama, Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez, mengumumkan bahwa negaranya akan segera mengakui Palestina pada tanggal 28 Mei 2024.

Sanchez menyoroti penolakan Israel untuk mendengarkan komunitas internasional, serta tindakan-tindakan keras yang terus dilakukan Israel terhadap Palestina.

Reaksi yang sama juga ditunjukan Menteri Kerja Sama Pembangunan Belgia Caroline Gennez, pada akun X resminya dia mengungkap akan mengajukan permohonan dukungan untuk Palestina pada negaranya di hari yang sama.

Disisi lain, Israel menanggapi dukungan tersebut dengan cukup serius. Dilansir dari VOA, Israel telah memanggil duta besar Israel di Dublin, Oslo, dan Madrid untuk konsultasi.

Lebih lanjut Kementerian Luar Negeri di Yerusalem juga telah memanggil dubes Irlandia, Norwegia, dan Spanyol untuk dipertunjukan video Hamas yang menawan perempuan dalam serangan terhadap Israel pada 7 Oktober lalu.

Sementara itu, Lebih dari 35.600 warga Palestina dilaporkan tewas, dengan sebagian besar korban adalah perempuan dan anak-anak. Hampir 79.900 lainnya mengalami luka-luka.

Israel dihadapkan pada tuntutan di Mahkamah Internasional atas dugaan genosida. Israel diperintahkan untuk memastikan agar pasukannya tidak melakukan genosida dan menjamin bantuan kemanusiaan agar tetap masuk ke Gaza.

EditorHilmi

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru