Sabtu, Mei 18, 2024
spot_img

Rilis Survei Litbang Kompas, Polri Dapat Respon Positif Masyarakat

Nasional, Lokacita: Baru baru ini Litbang Kompas merilis hasil survei terkait kepuasan publik atas kinerja Kepolisian Republik Indonesia (Polri), hasilnya sejumlah prestasi berhasil diraih hingga banyak tuai apresiasi.

Hasilnya cukup memuaskan, dimana Polri pada tingkat kepuasan mendapatkan angka yang cukup tinggi yakni 87,8 persen

Habiburokhman, Wakil Ketua Komisi III DPR RI menyatakan rasa bangganya atas prestasi Polri, menyoroti perbaikan signifikan pada sektor layanan publik yang dilakukan oleh institusi tersebut.

“Tingkat kepuasan yang menyentuh angka 87,8 % ini membuktikan usaha polri dalam penegakan hukum, betul-betul dirasakan rakyat” kata Habiburokhman, Kamis (28/12) dikutip Tribata.News.

Survei ini melibatkan partisipasi 3.400 responden yang terdiri dari 100 responden per polda. Survey ini dilaksanakan secara tatap muka pada rentang waktu 22 Oktober hingga 15 November 2023.

Hasilnya, masyarakat memberikan penilaian yang sangat positif terhadap beberapa aspek kinerja Polri, memunculkan apresiasi yang signifikan dari berbagai pihak.

Berikut beberapa pencapaian polri yang mendapat respon baik masyarakat menurut survey Litbang Kompas:

1. Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Polri

Rata-rata kepuasan publik terhadap kinerja Polri mencapai angka luar biasa, yakni 87,8%. Data ini menyoroti tingginya apresiasi dari masyarakat terhadap layanan yang diberikan oleh Polri.

Tercatat lebih dari sembilan dari sepuluh responden menyatakan kepuasan mereka terhadap pelayanan yang disuguhkan oleh institusi kepolisian.

2. Penegakan Hukum oleh Polri

Hasil survei juga menunjukkan mayoritas masyarakat menyatakan kepuasan terhadap proses penegakan hukum yang dilakukan oleh Polri.

Pada penyelesaian laporan administratif, sekitar 76,2% responden menyatakan kepuasan mereka terhadap proses tersebut. Namun, terdapat sebagian kecil yang masih merasa tidak puas dengan proses ini.

3. Ketertiban Masyarakat dan Keamanan

Lebih dari 89% responden menyatakan kepuasan mereka terhadap upaya Polri dalam menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas)

Hal ini mencerminkan apresiasi yang tinggi terhadap peran Polri dalam menjaga stabilitas dan keamanan di tengah-tengah masyarakat.

4. Pengaduan Masyarakat

Hasil survei juga mengindikasikan bahwa mayoritas responden, sekitar 68,7%, merasa bahwa pengaduan dapat dilakukan secara langsung ke kantor polisi.

Namun, sebagian kecil responden juga memilih layanan call center Polri (sekitar seperlima responden) dan media sosial (sekitar 16,8% responden) sebagai sarana untuk melaporkan permasalahan.

Prestasi ini juga mendapat apresiasi dari berbagai elemen masyarakat, beberapa diantaranya datang dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) dan PP Muhammadiyah.

Organisasi-organisasi tersebut mengapresiasi upaya Polri dalam melakukan pengawasan internal untuk mencegah dan menindaklanjuti pelanggaran yang dilakukan oleh anggota polisi.

Survei ini menandai peningkatan kualitas layanan publik Polri yang signifikan. Meskipun begitu, survei juga menyoroti beberapa aspek yang masih perlu perbaikan, termasuk dalam proses pengaduan dan transparansi.

Dengan diketahui hal tersebut, diharapkan Polri akan terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas layanan dan pelayanan kepada masyarakat demi menciptakan tatanan yang lebih baik dalam menjaga keamanan dan ketertiban publik.

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_img

Terbaru