Sabtu, Mei 18, 2024
spot_img

Sering Dibuang, 7 Bagian Makanan Ini Ternyata Bermanfaat

Ragam, Lokacita: Dengan memanfaatkan bagian makanan yang sering dibuang ini, Anda tidak hanya mengurangi limbah makanan tetapi juga mendapatkan manfaat tambahan dari nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Berikut adalah beberapa bagian makanan yang sering dibuang namun sebenarnya memiliki manfaat:

Kulit Buah dan Sayuran

Kulit buah dan sayuran, seperti pada apel, mentimun, atau kentang, mengandung serat yang tinggi dan nutrisi penting. Sebagian besar serat dan nutrisi terkandung di kulit, jadi sebaiknya cuci bersih dan konsumsi bersama dengan daging buah atau sayur.

Ujung Roti (Tumit Roti)

Ujung roti seringkali dibuang karena konsistensinya yang lebih keras. Namun, ujung roti mengandung serat dan nutrisi, serta bisa diolah menjadi roti tawar panggang atau remah roti untuk variasi makanan.

Daun Sayuran

Daun sayuran seperti daun wortel, daun lobak, atau daun selada seringkali dibuang padahal kaya akan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin K, dan antioksidan. Daun sayuran bisa dimasak sebagai sayuran hijau atau ditambahkan ke dalam smoothie.

Kulit Ayam

Kulit ayam sering dibuang karena mengandung lemak jenuh yang dianggap tidak sehat. Namun, kulit ayam juga mengandung protein dan kalori yang tinggi. Jika dimakan dengan bijak dan dalam jumlah moderat, kulit ayam bisa menjadi sumber energi dan rasa yang lezat.

Tulang Ikan

Ketika memasak ikan, seringkali tulang ikan masih terdapat di dalam daging ikan. Tulang ikan mengandung kalsium dan fosfor, yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Jika tulang ikan cukup lunak, mereka bisa dimakan bersama dengan daging ikan.

Kulit Kentang

Kulit kentang seringkali dibuang sebelum dimasak atau digoreng menjadi kentang goreng. Namun, kulit kentang mengandung serat yang tinggi dan nutrisi penting seperti kalium dan vitamin C. Anda bisa mengolah kulit kentang menjadi kentang panggang atau keripik kentang kulit.

EditorHilmi

Bagikan

Komentar

Artikel Terkait

Cara Merawat dan Menjaga Daerah Kewanitaan

Beragam Jus Buah Untuk Menjaga Kesehatan

Wajib Tau! Ini Tanda-tanda Penyakit Katarak

- Advertisment -spot_img

Terbaru